Rabu, 27 Maret 2013

KOLINTANG



KOLINTANG IRINGI LAGU RAKYAT SLOVENIA MA'EK MURI

     Oleh Zeynita Gibbons

       London, 25/3 (Antara) - Musik Kolintang mengiringi lagu rakyat Slovenia Ma'ek Muri ,"Mury the Cat", memukau sekitar 400 penonton yang menyaksikan acara Malam Indonesia "A Treasure of Diverse Cultures",  yang digelar di Convention Hall Bled, Slovenia, akhir pekan.

            Pada acara "Indoneziski Vecer Zakladnica razlicnih kultur",  Dubes RI di Austria, merangkap Republik Slovenia Rachmat Budiman membacakan puisi Slovenia , "Krst pri Savici"  atau The Baptism on the Savica karya France Preseren, sastrawan bangsa Slovenia terkemuka yang memberikan makna penting pada kebudayaan Slovenia. 
       Minister Counsellor KBRI Wina, Djati Ismojo, kepada ANTARA London, Senin mengatakan selama hampir dua jam penonton menikmati berbagai budaya dan kesenian Indonesia berupa musik, lagu dan tari tradisional Nusantara persembahan Group Gamelan Jawa Ngesti Budoyo.

              Kelompok Kolintang Kawanua Österrreich dan group Tari Gema Puspa Nusantara (GPN), di bawah naungan KBRI Wina serta Group Gamelan Bali Alternberg dan kelompok Pencak Silat Anak Harimau Landendorf yang beranggotakan warga Austria berhasil memukau penduduk  kota Bled, Slovenia. 
           Wali kota Bled, Janez Fajfar , dalam sambutannya  menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Tim Seni Budaya KBRI Wina yang menampilkan seni budaya Indonesia  di Bled.

           Hal ini memberikan kesempatan kepada masyarakat Slovenia, khususnya di Bled, mengenal Indonesia lebih dekat melalui persembahan seni budaya yang dapat mempererat hubungan kedua bangsa.

              Diharapkan kerjasama ini akan lebih mempermudah dalam menjalin dan meningkatkan kerja sama dalam berbagai bidang.

              Sementara itu Dubes Rachmat Budiman menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Bled atas kerja sama dan kesempatan untuk memperkenalkan keanekaragaman budaya Indonesia.

             Persembahan budaya ini merupakan salah satu aspek yang dapat mempererat  persahabatan antara Indonesia dan Slovenia yang telah berlangsung lama, ujarnya. 
       Para penonton memberikan sambutan meriah pada setiap akhir acara, termasuk saat kelompok Kolintang mengiringi lagu rakyat Slovenia Ma'ek Muri  dan pembacaan puisi Slovenia Krst pri Savici  oleh Dubes Rachmat Budiman. 
       Penampilan tari Saman, yang dibawakan dengan sangat apik oleh remaja GPN, mendapatkan sambutan yang sangat meriah dari pengunjung  pada akhir acara Malam Indonesia yang merupakan kerja sama KBRI dan Kantor Walikota Bled.

    ***4***
Zita Meirina   

(T.H-ZG/B/Z. Meirina/Z. Meirina) 25-03-2013 21:05:58

               

Tidak ada komentar: