Rabu, 13 Maret 2013

SAWALUNTO




               
                WALIKOTA AMRAN NUR PROMOSIKAN OBYEK WISATA SAWALUNTO 


oleh Zeynita Gibbons

          Berlin, 6/3 (ANTARA)- Walikota Sawalunto, Amran Nur berupaya mempromosikan  pariwisata di  Sawalunto, Sumatera Barat  dalam pameran pariwisata terbesar di dunia Internationale Tourismus B'rse (ITB) Berlin 2013, yang berlangsung dari tanggal 10 Maret mendatang.

         Kota Sawalunto yang dikelilingin pebukitan dan memiliki pemandangan yang sangat indah, ujar Amran Nur kepada ANTARA London, di anjungan Indonesia, Rabu.

         "Kami ingin mewujudkan Sawalunto selain sebagai kota wisata tambang  juga Heritage City dengan adanya peninggalan obyek wisata,"katanya.

         Menurut Amra Nur, terdapat banyak peninggalan budaya Belanda seperti kantor tambang batubara dan gereja, gedung sekolah dan stasiun kereta api.

         Dubes mengatakan gudang Ramsun tersebut kini dijadikan museum dan juga terdapat gedung sekolah Santa Lusia yang sangat mirip dengan bangunan yang ada di Eropa.

         Walikota juga mengatakan selain itu juga terdapat Tambang Lubang Mbah Suro dulu mandornya bernama mbak suro dari jawa pekerja tambang umumnya kebanyakan dari jawa.

         Amran menceritakan sejak ditutupnya tambang batubara diakhir 1990 kegiatan menambang jauh berkurang dan masyarakat  menimbulkan rasa ketakutan yang membuat Kota Sawalunto mendapat julukan kota hantu karena banyak ditinggal orang terutama kaum pemudanya.

         Menurut Amran, dari tahun 1990 sampai 2003 terdapat lebih dari 10 ribu orang pergi dari Sawalunto karena kehidupan yang sulit.

         Sejak itu digalakan promosi wisata di Sawalunto dan akhir banyak yang datang dan saat ini wisatawan orang yang berkunjung sebanyak 700 ribu orang setiap tahun.

         Diakuinya dengan banyaknya wisatawan yang datang akan dapat meningkatkan ekonomi rakyat mulai tumbuh dan menjadi tujuan wisata nasional dan ditingkatkan lagi untuk bisa menjadi tujuan wisatawan bagi untuk luar negeri.

         Menurutnya banyak hambatan yang ada, tetapi dengan memberikan pengertian kepada masyarakat kepada masyarakat kepada dan kini mulai memafami betapa pentingnya wisata yang bisa meningkatkan ekonomi rakyat
    Sementara pada 2003 angka kemiskinan masih 20 persen dan dengan kenaikan ekonomi jadi 2,4 persen  menjadi  nomor dua terbaik di Indonesia berkat pariwisata dan kegiatan pertanian.

         Ia mengatakan dengan ikutnya ITB Berlin dan mempromosikan Indonesia secara besar besaran dengan demikian kunjungan wisata Indonesia khususnya ke sumatera barat dan juga di Sawalunto makin meningkat
    Persiapan yang dilakukan infrastuktur seperti jalan dan konservasi bangunan tua yang adadi sawalunto dan lebih kerja keras menyiapkan masyarakat menerima kegiatan pariwisata tapi dengan kontribusi perbaikan ekonomi tidak begitu sulit .

         Masyarakat Sawalunto, sudah sejak lebih dari 100 tahun lalu Sawalunto sebagai kota batubara sejak batubara berkurang dan kegiatan ekonomi diganti dengan kegiatan ekonomi wisata dan pertanian.***3***(ZG)
(T.H-ZG/B/Setiyono/Setiyono) 06-03-2013 20:20:37

Tidak ada komentar: