Rabu, 13 Maret 2013

PPI YAMAN



PPI YAMAN GELAR LATIHAN KEPEMIMPINAN

          London, 2/3 (ANTARA) - Para pelajar dan mahasiswa berbagai delegasi yang tergabung dalam PPI di Provinsi Hadhramaut, Republik Yaman mengikuti Pelatihan Kader Dasar Kepemimpinan (PKDK) di auditorium Fakultas Syariah, Universitas Al-Ahgaff, Tarim, Hadhramaut, Yaman.

   
    Pengurus PPI Yaman M. Abdul Muhith kepada ANTARA London, Sabtu menyebutkan hadir dalam acara pembukaan pelatihan  Dubes RI untuk Yaman, Wajid Fauzi, MPM yang mengungkapkan ¿A good leader a good follower¿.

   
Dubes Wajid Fauzi dalam kesempatan itu, memaparkan tujuan Kedutaan Besar Republik Indonesia Sana¿a untuk mewujudkan kepentingan nasional melalui diplomasi total.

   
Acara diprakarsai Departemen Pendidikan dan Dakwah Dewan Pengurus Wilayah Hadhramaut Persatuan Pelajar Indonesia di Yaman (DPW Hadhramaut PPI Yaman) ini berjalan sukses.

   
Pelatihan ini, menurut Ketua DPW Hadhramaut PPI Yaman, Pandi Yusron, berangkat dari banyaknya organisasi yang bermunculan di kalangan pelajar dan mahasiswa di Yaman belakangan ini.

   
Organisasi tersebut antara lain: Asosiasi Mahasiswa Indonesia Universitas Al-Ahgaff (AMI Al-Ahgaff), Wahdatul Iman (organisasi pelajar Indonesia di Darul Mustafa) Organisasi Penuntut Ilmu Sumatra Indonesia (OPISI), Forum Silaturahmi
Mahasiswa dan Santri  Madura Yaman (Fosmaya).

   
Selain itu juga muncul berbagai macam komunitas dan panguyuban pelajar seperti Komunitas Pelajar Jakarta (Kopaja), Paguyuban Pelajar Jawa Barat dan Banten Yaman (Pajajaran), Paguyuban Pelajar Jawa Tengah dan Jogjakarta (PPJJ).

   
Organisasi pelajar asal Jawa Timur , Keramat Jatim, persatuan pelajar Banjarmasin Kalimantan Selatan Roudhotul Banjariyin, Forum Lingkar Pena Hadhramaut (FLP Hadhramaut) dan Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama Yaman (PCI NU Yaman).

   
¿Dari  sanalah perlu kiranya dibangun suatu pelatihan guna bekal organisasi yang solid dan profesional¿, tutur mahasiswa Universitas Al-Ahgaff asal Pekalongan ini.

   
Ketua Panitia Pelaksana PKDK M. Akbar Rasyidi  mengatakan acara pelatihan bertema ¿Membangun Karakter Kepemimpinan yang Solid dan Profesional¿ digelar DPW Hadhramaut PPI Yaman sangat penting sebagai bekal dasar bagi para aktivis organisasi di Yaman.

   
Apalagi maraknya organisasi yang bermunculan, pelatihan dipandang cukup penting untuk pembekalan dasar, ujar M. Akbar Rasyidi.

   
Sekretaris III KBRI Sana¿a bagian Protokol dan Konsuler, Rendy Ramanda, menyampaikan beberapa dasar dan metode kepemimpinan seperti Planning, Organizing, Actuating dan Controling (POAC), analisa Strenght, Weakness, Opportunity dan Threat (SWOT) dan lainnya.

   
Menurutnya, penerapan metode tersebut untuk menjalankan roda kepemimpinan dan organisasi sangat dibutuhkan.

   
Sementara itu  Ahmad Zainul Huda, Sekretaris III KBRI Sana¿a Bagian Politik, mengupas  tentang problem solving dalam sebuah organisasi dan menekankan praktek dalam menyelesaikan permasalahan yang kerap terjadi dalam organisasi.

   
Acara diakhiri dengan malam keakraban pelajar dan mahasiswa Indonesia di Yaman dimeriahkan dengan lomba puisi utusan dari beberapa organisasi peserta PKDK dan drama kolosal yang diprakarsai Departemen Seni dan Budaya DPW Hadhramaut PPI Yaman bekerjasama dengan AMI Al-Ahgaff. (ZG)

(T.H-ZG/B/M. Taufik/M. Taufik) 02-03-2013 12:37:04

Tidak ada komentar: