Rabu, 20 Maret 2013

RI-SERBIA


                RI-SERBIA BAHAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN

               London, 20/3 (ANTARA) - KBRI Beograd dan Women's Parliamentary Network, Parlemen Serbia mengelar  diskusi Roundtable bertema "Pemberdayaan Perempuan, praktek dan kebijakannya di Serbia dan Indonesia", dengan pembicara Meutia Hatta Swasono  bertempat di National Assembly House Republik Serbia.

              Dalam diskusi yang dihadiri sekitar 50 peserta, Meutia Hatta Swasono yang memaparkan mengenai berbagai program Pemerintah Indonesia dalam pemberdayaan perempuan serta situasi dan kondisinya saat ini, ujar Sekretaris Tiga KBRI Serbia , Ariana Yulianti kepada ANTARA London, Rabu.

     Pembicara lain dalam diskusi roundtable  Menteri Kesehatan Serbia, Slavica Djukic Dejanovic, Menteri Pemuda dan Olahraga, Alisa Maric, Ketua Women¿s Parliamentary Network, Parlemen Serbia, Marija Obradovic, Menteri Energi, Pembangunan dan Perlindungan Lingkungan, Zorana Mihajlovic, Putri Mahkota Katarina Karadordevic.

           Dalam presentasinya Meutia Hatta Swasono penjelasan mengenai situasi perempuan Indonesia saat ini yang telah memberikan sumbangsih yang kuat bagi perkembangan pembangunan Indonesia serta memperkuat sektor ekonomi Indonesia khususnya sector ekonomi kreatif.

            Pemberdayaan perempuan diberbagai sector kehidupan tidak melupakan sektor kesehatan, khususnya kesehatan Ibu dan anak, dimana Indonesia tengah mengkampanyekan program pemberian ASI eksklusif selama enam  bulan bagi bayi, sebagai langkah untuk menjamin kesehatan Ibu dan anak serta menjaga kelangsungan kesehatan generasi penerus bangsa.

            Peranan perempuan di berbagai sector kehidupan merupakan factor yang sangat penting bagi pengembangan kehidupan berbangsa, ujarnya.

     Kehadiran Meutia Hatta pada diskusi tersebut mendapat perhatian khusus dan sambutan yang hangat dan antusias khususnya dari kalangan anggota perempuan Parlemen Serbia.

            Dalam kesempatan tersebut, anggota parlemen Serbia menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kehadiran Meutia Hatta Swasono di Serbia serta kekaguman atas berbagai program Pemerintah Indonesia yang secara khusus didedikasikan bagi kaum perempuan, khususnya pendirian Kementerian khusus bagi pemberdayaan perempuan.

     Meutia Hatta Swasono adalah pakar ilmu antropologi dari Universitas Indonesia, yang kini menjabat sebagai salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden di bidang budaya dan pendidikan, serta pernah menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan pada tahun 2004-2009.

    ***1***
(ZG)

(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 20-03-2013 07:49:45

               

Tidak ada komentar: