Rabu, 13 Maret 2013

ITB BERLIN



PRESIDEN YUDHOYONO HADIRI PEMBUKAAN ITB BERLIN

     Oleh Zeynita Gibbons

   Berlin, 6/3 (Antara) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu negara Ani Bambang Yudhoyono dan Kanselir Jerman Angela Merkel menghadiri acara pembukaan pameran pariwisata terbesar di dunia Internationale Tourismus B'rse (ITB) Berlin 2013, Selasa malam.

        Musisi Indonesia berkolaborasi dengan Berlin String Construction dari Jerman dan music tradisional gamelan berhasil menghipnotis lebih dari 4500 undangan dalam acara tersebut.

        Presiden RI dan Ibu Negara didampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Pangestu saat menyaksikan penampilan berbagai kesenian dan budaya serta sajian kuliner Indonesia yang berhasil memikat hati para undangan.

        Malam kesenian yang diawali dengan penampilan tari saman gayo dari Aceh pimpinan Syafrudin dan diikuti dengan kolabirasi pemain biola asal Jerman, Iskandar Widjaja dan dua pianis Shanti dan Sonya Sungkono, Prize Winners pada National Piano Duo Competition di Saarbrucken, Jerman, pada 2003  yang melantumkan lagu klasik Jerman The Brahmas Hingarian Dance no 2 dengan aransemen Joseph Joachim.

        "Saya senang dan bangga bisa tampil dalam acara pembukaan pameran pariwisata terbesar ITB Berlin," ujar  pianis kembar Sonja dan Shanti Sungkono kepada ANTARA London, Selasa malam.

        Menurut Sonya dan Shanti, mereka mendapat kehormatan dapat menghibur para undangan dan pelaku industri pariwisata dunia.

        Hal yang sama juga diakui oleh penyanyi dan  pencipta lagu serta pemain gitar asal Indonesia yang memulai karier musiknya di Jerman, Sandhy Sondoro yang melantumkan lagu "What A Wonderful World", berkolaborasi dengan pemain music Sampek dari Kalimantan dengan latar belakang tarian tradisional Dayak.

        "Sangat luar biasa bisa tampil dalam acara pembukaan pameran terbesar di dunia ITB Berlin," ujar Sandhy yang mengaku baru pertama kali datang ke pameran ITB Berlin meskipun tinggal di Berlin sejak tahun 1990.

   
   Sementara itu penyanyi Eka Deli yang diawal acara melantumkan lagu Beungong Jumpa dari Aceh dengan diiringi kelompok music Berlin String Construction juga mengakui bahwa pertunjukkan yang sangat luar biasa.

        Eka Deli yang pernah mewakili Indonesia di ajang Azia Dauzy di Kazakhstan dan Golden Rose Festival di Georgia, mendapat juara I dan II, sering tampil di even internasional dengan mengunakan busana dengan motif tenun ikat tampil duet dengan Sandhy melantumkan lagu Rame Rame dari Maluku.

         Pada acara malam kesenian dan budaya Indonesia juga ditampilkan tarian Kecak Raban oleh Sanggar Seni dari Kabupaten Giayar pimpinan I Made Sidia, dan Tari Wira Pertiwi dari Jawa Tengah dengan diiringi music orchestra Berlin String Construction dengan Aminoto Kosin merupakan seorang arranger dan juga konduktor ternama Indonesia.

        Malam seni dan budaya Indonesia yang ditutup dengan penampilan  "Save our World" yang diciptakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

    ***4***
Zita Meirina
(T.H-ZG/B/Z. Meirina/Z. Meirina) 06-03-2013 16:25:01


Tidak ada komentar: