Rabu, 13 Maret 2013

JALI JALI




LAGU JALI JALI HANGATKAN KOTA BERLIN

          Berlin, 10/3 (ANTARA) ¿ Lagu Jali Jali dan tarian Topeng Betawi yang dibawakan para penari dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Propinsi DKI Jakarta,  mampu menghangatkan kota Berlin yang kini sedang diliputi hujan salju, ketika menghibur pengunjung di pangung Aleza Shopping Maal, Berlin, Sabtu malam.

   
¿Saya bangga bisa menampilkan kesenian Betawi kepada masyarakat Jerman yang datang di shopping Mall Alexa,¿ ujar Hanny Herlina, salah seorang penari, kepada ANTARA London, Sabtu sore.

   
Dikatakannya para pengunjung shopping centre terbesar di kota Berlin memberikan appreasi yang cukup besar pada kesenian Betawi yang ditampilkan dan bahkan ada yang ikut berjoget bersama.

   
Penampilan kesenian Pemda DKI Jakarta dalam rangkaian acara pameran pariwisata terbesar di dunia ITB Berlin juga memberikan brosur tentang pariwisata DKI Jakarta oleh Abang dan None Jakarta Rendy Wicaksana dan Reska Amalia kepada pengunjung shopping mall di kota Berlin. 

Selain menampilkan Tari Topeng Betawi, Hanny beserta 12 penari lainnya dengan kreografer Arison Ibnur serta enam pemusik juga membawakan tarian betawi lainnya seperti  Jali jail, Kembang Kipas dan Kendong Betawi.

   
Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Propinsi DKI Jakarta, Arie Budhiman mengatakan pertunjukkan kesenian dari DKI Jakarta di kota Berlin dalam rangkaian penyelenggaraan pameran pariwisata terbesar di dunia ITB Berlin.

   
Dikatakannya hampir setiap tahun Pemda DKI Jakarta mengirimkan misi keseniannya untuk mengisi acara kebudayaan di ITB Berlin apalagi Indonesia tahun ini menjadi official country partner penyelenggaraan pameran yang berlangsung dari tanggal 5 sampai 10 Maret.

   
¿Pemda DKI Jakarta memberikan dukungan kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan mengirimkan tim kesenian dan kebudayaan untuk mengisi acara, ujar Arie Budhiman

Dikatakannya selain tampil mengisi acara di panggung Paviliun Indonesia di ITB Berlin, para penari dari IKJ dan binaan Pemda DKI, juga menampilkan kesenian Betawi di ruang public khususnya shopping Mall Alexa yang merupakan pusat perbelanjaan yang paling ramai di kota Berlin.

   
Menurut Arie Budhiman, sebagai official partner country , Indonesia diberikan kesempatan yang sangat luas untuk berpromosi baik dalam menampilkan seni budaya Indonesia juga dalam jamuan para pembukaan acara yang juga dihadiri oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

   
Selain meningkatkan awarness masyarakat Jerman dan khususnya pelaku bisnis dimana Indonesia salah satu destinasi yang paling popular, ujarnya.

   
Sementara itu Ny Nurjanah Muchlich, dari Komisi B DPRD Propinsi DKI Jakarta mengatakan Pemda DKI Jakarta selalu memberikan dukungan kepada tim kesenian yang melakukan promosi di luar negeri. 

Diakuinya pemda DKI Jakarta, khususnya dari Komisi B DPRD Propinsi DKI Jakarta memberikan dukungan dengan mengalokasikan anggaran bagi pengirimian tim kesenian Pemda DKI Jakarta ke luar negeri khususnya ke Berlin, Jerman.

   
Menurut Nurjanah Muchlich,  penampilan tim keenian Betawi di shopping mall terbesar di Berlin merupakan suatu terobosan. ¿Semakin banyak orang berlin yang mengenal Jakarta yang bisa menjadi salah satu pilihan tujuan wisata masyarakat Jerman ke Indonesia. Apalagi meliat appreasi masyarakat Jerman akan budaya Betawi cukup besar, ujarnya.

   
Sementara None Jakarta , Reska Amalia mengatakan ia merasa bangga bisa memperkenalkan ibukota Indonesia , DKI Jakarta kepada masyarakat Jerman di Berlin khususnya mereka yang datang di pusat perbelanjaan terkemuka di Berlin.

   
Reska mengatakan selama bertugas sebagai None Jakarta, ia banyak memberikan informasi kepada masyarakat Jerman mengenai berbagai hal khususnya obyek wisata yang ada di ibu kota Jakarta.

   
Di pangung yang berada di tengah Shopping Mall Alexa, juga ditampilkan ondel ondel yang berukuran besar itu, tim kesenian DKI Jakarta melakukan pertunjukkan selama dua hari berturut-turut dalam dua kali pertunjukkan pada sore dan malam hari. (ZG)

(T.H-ZG/B/M. Taufik/M. Taufik) 10-03-2013 15:48:12

               

Tidak ada komentar: