Sabtu, 22 Oktober 2016

HAMBURG

INDONESIA-JWP JERMAN JAJAKI KERJA SAMA MARITIM 
     Oleh Zeynita Gibbons
   London, 22/10 (Antara) - Indonesia menjajaki kerja sama bidang ekonomi dan maritim dengan Kota Hameln dan Jade-Waser-Port (JWP) di Wilhelmshaven, Negara Bagian Niedersachsen, Jerman.
        Konsul Pensosbud KJRI Hamburg, Singgih Yuwono kepada Antara London, Jumat, menyebutkan kerja sama itu mengemuka saat Konjen RI Hamburg Sylvia Arifin melakukan kunjungan kerja di dua kota tersebut.
        Di Hameln, Konjen Sylvia Arifin mengadakan pertemuan dengan Managing Director Electronic Wood Systems GmbH, Hauke Kleinschmidt. Perusahaan itu memproduksi produk pendukung industri perkayuan berupa "measurement systems". Perusahaan tersebut berhasil memasarkan produknya di 80 negara, termasuk Indonesia.
        Sylvia Arifin menyambut keinginan Electronic Wood Systems GmbH untuk melakukan ekspansi di Indonesia.
        Ia juga menghadiri resepsi yang diadakan Walikota Hameln, Claudio Griese yang dihadiri pejabat tinggi dan pimpinan partai di kota Hameln. Sylvia dalam kesempatan itu menjelaskan prospek perekonomian Indonesia dan berharap adanya kerja sama dengan kota Hameln.
        Eksplorasi peluang peningkatan kerja sama di bidang maritim dilakukan saat berada di Jade-Waser-Port di Wilhelmshaven, Niedersachsen.
        CEO Jade-Waser-Port Marketing GmbH & Co KG, Andreas Bullwinkel menyampaikan pelabuhan yang resmi beroperasi tahun 2012 merupakan satu-satunya pelabuhan laut dalam Jerman saat ini. Jade-Waser-Port merupakan hasil pengembangan dua negara bagian di Jerman Utara, yaitu Niedersachsen dan Bremen. 
   Konjen Sylvia Arifin, mengharapkan adanya peluang kerja sama yang saling menguntungkan di masa depan antara otoritas terkait di Indonesia dengan Jade-Waser-Port.

        Peluang kerja sama terbuka lebar mengingat Pemerintah Indonesia dalam proses peningkatan kualitas infrastruktur kemaritiman nasional, termasuk pengembangan lima pelabuhan utama yang menjadi gerbang utama distribusi logistik barang dan jasa.(ZG)***1***
(T.H-ZG/B/A. Salim/A. Salim) 22-10-2016 05:35:27


Tidak ada komentar: