Sabtu, 22 Oktober 2016

WINA

DPR RI ADAKAN KUNJUNGAN KERJA KE RUSIA
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 19/10 (Antara) - Komisi IV DPR RI yang dipimpin Ketuanya Edhy Prabowo, melakukan kunjungan kerja ke Rusia dalam rangka mendorong kerja sama bidang pertanian, kelautan dan perikanan, lingkungan hidup serta kehutanan.
         Kunjungan kerja DPR RI ke Rusia dalam upayakan kerja sama yang lebih konkrit kedua negara, demikian KBRI Moskow dalam keterangan yang diterima Antara London, Rabu.
         Indonesia dan Rusia sepakat untuk dapat melakukan kerja sama yang lebih konkrit dari hasil kunjungan Komisi IV DPR RI dengan Parlemen Rusia, yakni Dewan Federasi (DPD Rusia), "National Union of Grain Producers of Russia" dan perusahaan Blackspace.
         Komisi IV mendapat sambutan dan antusiasme dari pihak Rusia atas keinginan Indonesia memperkuat kerja sama pertanian dan perikanan, termasuk kemungkinan melakukan impor gandum secara langsung.
         Dalam kesempatan pertemuan dengan pimpinan Dewan Federasi setempat, Edhy Prabowo menggaris bawahi nilai penting kerja sama dan kemitraan Indonesia dan Rusia dalam segala bidang.
         Komisi IV menyampaikan komitmennya mendorong kerja sama berbagai sektor khususnya yang merupakan mandat dari Komisi IV DPR RI, yaitu bidang pertanian, perikanan dan kelautan, lingkungan, kehutanan, dan pangan.
         Rusia merupakan salah satu produsen dan eksportir utama gandum dunia, Komisi IV mendorong kedua pemerintah melakukan kerja sama ekspor impor gandum melalui perdagangan langsung.
         Komisi IV juga mengusulkan kerja sama "transfer of knowledge" dan pertukaran pandangan khususnya di sektor pangan, kerja sama di bidang pertanian, investasi perikanan serta penanggulangan kebakaran hutan.
         Disela-sela agenda kunjungan resmi, Komisi IV berkesempatan melakukan pertemuan dengan KBRI dan wakil masyarakat Indonesia di Moskow.
         Wakil Kepala Perwakilan RI Moskow, Lasro Simbolon dalam sambutannya pada pertemuan tersebut menyampaikan penghargaan atas kunjungan delegasi dan menjelaskan intensitas peningkatan kerja sama bilateral RI dengan Rusia, terutama setelah pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo dan Presiden Vladimir Putin di Sochi bulan Mei lalu.
         Lasro juga menggarisbawahi Pemerintah dan DPR RI memiliki visi, perspektif dan semangat yang sama memperkuat kerja sama bilateral RI Rusia berbagai bidang, terutama ekonomi perdagangan, investasi, pertanian,pangan dan kelautan serta perikanan.
         Dalam acara temu masyarakat, Edhy Prabowo menggarisbawahi nilai strategis penguatan kerja sama RI-Rusia, menghargai langkah-langkah Pemerintah dan kemajuan yang telah dicapai selama ini dan berkomitmen mendorong penguatan kerja sama berkelanjutan ke depan.
    ***2*** (T.ZG)
(T.H-ZG/B/C. Hamdani/C. Hamdani) 19-10-2016 15:00:06


Tidak ada komentar: