Jumat, 07 Oktober 2016

MEKSIKO

KELOMPOK PERSAHABATAN ANTAR PARLEMEN RI-MEKSIKO DIBENTUK
     Oleh Zeynita Gibbons

      London, 6/10 (Antara) - Kelompok Persahabatan Antar Parlemen atau "Grupo de Amistad Meksiko-Indonesia" periode legislatif  ke-63 tahun 2016-2019 yang berada di bawah koordinasi Komisi Hubungan Luar Negeri DPR Meksiko diresmikan di Camara de Diputados Meksiko.
           Acara peresmian dihadiri ketua dan anggota Grupo de Amistad serta perwakilan dari Kemlu Meksiko (SRE) dan Dubes RI untuk Meksiko dan Wakil Ketua DPR RI  Dr.Fadli Zon yang tengah melakukan lawatan kerja ke Meksiko, kata Pensosbud KBRI Meksiko City Febby Fahrani, Kamis.
             Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menyampaikan ucapan selamat berharap dengan terbentuknya Grupo de Amistad ini hubungan kerja sama antar parlemen kedua negara terus meningkat seiring dengan semakin eratnya hubungan bilateral antara RI dengan Meksiko.
           Fadli Zon bersama  anggota DPR RI lainnya, yaitu Dr. H. Abdul Kharis Almasyhari, Rieke Diah Pitaloka, Dwie Aroem Hadiatie, dan Drs. Syaiful Bahri Anshori, yang mengadakan kunjungan kerja ke Meksiko mengundang anggota Grupo de Amistad berkunjung ke  Indonesia. 
      Sementaa itu Dubes RI untuk Meksiko Serikat, Yusra Khan, menyebutkan
pembentukan Kelompok Persahabatan Antar Parlemen Indonesia dan Meksiko akan semakin menguatkan dialog politik antara parlemen kedua negara.

            Diharapkan melalui Kelompok Persahabatan ini,kerja sama antar parlemen, diantaranya melalui kegiatan saling kunjung dalam rangka pertukaran pengalaman dan informasi, akan semakin intens dan meningkat.
            Kelompok Persahabatan ini tentunya akan memberikan sumbangsih yang berharga dalam rangka merumuskan berbagai legislasi yang mendukung penguatan hubungan bilateral yang saling menguntungkan.     
        Menurut Dubes kerjasama tersebut merupakan bentuk dukungan legislator dalam mendorong peningkatan hubungan diplomatik kedua negara.

             Selain itu, Dia juga menyampaikan hal-hal terkait kemajuan hubungan bilateral Indonesia-Meksiko hingga tahun 2016, yang sangat erat dan produktif dilandasi berbagai perjanjian bilateral.
             Sebelumnya, Ketua Grupo de Amistad, Lizárraga Figueroa Teresa de Jesús, mengawali acara peresmian dengan menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan kehadiran legislator RI pada peresmian Kelompok Persahabatan ini.   
       Disampaikan penghargaan atas dukungan KBRI Mexico City. Lizárraga Figueroa Teresa de Jesús juga menyampaikan tujuan pembentukan Grupo de Amistad.

            Selain untuk meningkatkan kerjasama antar parlemen Meksiko, juga merupakan komitmen di DPR setempat untuk mendukung pelaksanaan politik luar negeri Meksiko dalam meningkatkan hubungan bilateral dengan negara sahabat. 
     Acara dilanjutkan dengan penandatanganan akta pembentukan Grupo de Amistad oleh Ketua Grupo dan Dubes serta pengisian "Buku Tamu Kehormatan" oleh Wakil Ketua DPR RI dan seluruh Anggota Delegasi DPR RI, dan Dubes RI diakhiri dengan jamuan cocktail yang menyajikan menu khas Indonesia dan Meksiko serta menampilkan tarian tradisional Indonesia, yang mendapat sambutan hangat dari hadirin.

           Grupo de Amistad Meksiko-Indonesia di DPR Meksiko sudah ada sejak 2001 dan berganti setiap tiga tahun disesuaikan dengan masa kerja DPR Meksiko).
           Kelompok Persahaban periode 2016-2019 terdiri dari sembilan orang yang berasal dari parpol-parpol besar di Meksiko (PRI, PAN, Morena, PVEM) serta mewakili berbagai negara bagian di Meksiko. ****2***  
(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 06-10-2016 05:45:09


Tidak ada komentar: