Jumat, 15 Mei 2009

DAYS OF CULTURE INDONESIA DI LATVIA

KBRI STOCKHOLM GELAR "THE DAYS OF CULTURE INDONESIA" DI LATVIA

London, 15/5 (ANTARA) - KBRI Stockholm bersama Pemda Kab. Sleman, Yogyakarta dan Museum of Foreign Art Latvia akan menyelenggarakan pameran seni budaya dan kerajinan tangan Indonesia bertema "The Days of Culture and Handicraft of Indonesia" di ibukota Latvia, Riga dari 16 hingga 22 Mei mendatang.

Pameran berlangsung selama sepekan digelar untuk pertama kalinya di Latvia didukung Bupati Sleman dan Konsul Kehormatan Latvia di Jakarta, Ayub Yunus, demikian Dody Kusumonegoro, Sekretaris Satu KBRI Stockholm, kepada koresponden Antara London, Jumat.

Dikatakannya dalam acara pembukaan pada Sabtu akan dipagelarkan berbagai tarian tradisional Jawa oleh penari dari Kabupaten Sleman, Yogyakarta serta KBRI Stockholm.

Selama pameran juga diadakan presentasi mengenai Batik Indonesia dan peragaan membatik denggan mengunakan canting oleh pembatik yang khusus didatangkan dari Sleman, Yogyakarta.
Menurut Dody, dalam acara ini juga dipromosikan potensi pariwisata Indonesia seperti wisata alam, budaya, petualang, leisure serta fasilitas akomodasi dan pariwisata lainnya di tanah air.

Dikatakannya KBRI akan mengadakan konferensi pers mengenai pameran dan tujuanya dan berbagai kegiatan selama pameran berlangsung kepada media massa Sabtu.

Berbagai media cetak dan elektronik di Latvia termasuk beberapa saluran Televisi Latvia bermaksud melakukan liputan selama pameran berlangsung.
Layar besar dipasang di Castle Square, sehingga publik dapat pula mengikuti acara pagelaran seni yang berlangsung dalam Musium.

Selama pameran berlangsung berbagai film mengenai seni budaya dan potensi alam Indonesia ditampilkan di layar tersebut.

Dody mengatakan digelarnya pameran ini menandakan peningkatan hubungan Indonesia dan Latvia di bidang seni budaya dan pariwisata, selain upaya pemahaman mengenai Indonesia dan budayanya di kalangan masyarakat Latvia.

Dikatakannya dalam tiga tahun terakhir terlihat peningkatan minat yang berarti terhadap Indonesia di kalangan masyarakat Latvia, termasuk meningkatnya kunjungan wisatawan Latvia ke Indonesia.

Berdasarkan informasi, pelaku wisata Latvia pada tahun 2008 meningkat lebih dari 100 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

KBRI Stockholm sebelumnya mengadakan seminar mengenai demokrasi dan perkembangan politik Indonesia dengan pembicara Dr. Hariyadi Wirawan dari Universitas Indonesia yang dihadiri ratusan peserta.

Pemerintah Indonesia terus meningkatkan promosi hubungan dengan Latvia yang mempunyai peran penting di kawasan Baltik dan sebagai salah satu anggota Uni Eropa.

Indonesia membuka hubungan diplomatik dengan Latvia 25 Agustus 1993 dan KBRI Stockholm diakreditasikan untuk Latvia.

Sementara itu, Latvia telah menunjuk dua Konsul Kehormatannya di Jakarta dan Bandung sejak tahun lalu, demikian Dody Kusumonegoro. ***3***
(U-ZG/
(T.H-ZG/C/A027/A027) 15-05-2009 05:19:04

Tidak ada komentar: