Rabu, 13 Mei 2009

WARTAWAN RUSIA DI WOC

WOC - WARTAWAN FAMTRIP RUSIA HADIRI WOC MANADO

London, 13/5 (ANTARA) - Sebanyak 14 peserta Familiarization Trip (Famtrip) asal Rusia dan Belarusia yang mendapat undangan dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata serta KBRI Moskow yang akan meliput acara World Ocean Conference (WOC) dan CTI Summit, tiba di Manado, Selasa.

Penanggung jawab Pensosbud KBRI Moskow M. Aji Surya yang mendampingi rombongan kepada ANTARA London melalui surat elektroniknya, Rabu mengatakan, peserta Famtrip umumnya wartawan dari berbagai media cetak dan elektronik terkemuka di Rusia dan diharapkan liputannya lebih lengkap.

"Kita harus menggembar-gemborkan tujuan wisata selain Bali, termasuk MICE," ujarnya yang menambahkan bahwa dalam rombongan tersebut juga ikut tiga tour operator dari Rusia.
Dikatakannya, gaung WOC di Manado diharapkan juga terdengar di bagian utara bumi dengan hasil liputan wartawan Rusia yang bersemangat meliput kegiatan tingkat dunia ini sambil menikmati keindahan keindahan taman laut Bunaken.

Mikhail Tsyganov, salah satu wartawan peserta dari kantor berita Ria Novosty menyatakan kekagumannya atas penyelenggaraan kegiatan akbar di kota yang relatif kecil. Apalagi melibatkan puluhan negara dengan tema yang sedang menjadi kepedulian dunia.

Para kuli tinta terlihat ke sana ke mari untuk mendapatkan informasi dan melakukan wawancara tentang acara yang sedang digelar di Manado.

Yang banyak mendapat perhatian adalah konferensi tentang mangrove dan pameran budidaya laut.

"Sulit dipercaya, kota sekecil ini menyelenggarakan kegiatan dunia," ujar mereka.

M Aji Surya mengatakan, bagi anggota Famtrip, WOC yang digabung dengan kegiatan pengenalan dunia wisata nusantara diibaratkan sebagai menyelam sambil minum air, atau sekali mendayung dua pulau terlampaui.

Di sela-sela waktu luang konferensi mereka menikmati pantai dengan jetski di belakang hotel Sedona, Manado.

Selain meliput WOC, para wartawan dan tour operator tersebut juga akan mengadakan kunjungan ke taman nasional Tangkoko untuk melihat tarsius spectrum, monyet terkecil di dunia serta seharian menyelam di Bunaken.

Selain itu mereka juga akan berkunjung ke Bali, Nusa Tenggara dan mengunjungi 'the last dinosaurus on earth' alias komodo di pulau Rinca dan sekitarnya.

Kasubdit Hubungan Lembaga Pariwisata dan Fam Tour Internasional yang menyertai kegiatan menyatakan optimismenya tentang dampak positif datangnya Famtrip dari Rusia ke Manado dan Indonesia umumnya.

"Target meraih kunjungan turis Rusia sebanyak 90 ribu tahun ini mudah-mudahan terkejar," demikian Vinsensius Jemadu. (U-ZG)
***3***

(T.H-ZG/B/R007/R007) 13-05-2009 15:53:40

Tidak ada komentar: