Rabu, 13 Mei 2009

"Indonesia dari Dekat"

Memandang "Indonesia dari Dekat" di Jerman

London (ANTARA News) - KJRI Hamburg bersama komunitas Indonesia-Jerman dan pemerintah Kota Braunschweig menggelar pentas budaya bertema "Indonesien ganz nah" (Indonesia dari dekat) di sebuah mall terbesar di kota itu Schloss-Arkaden.

Selain promosi Indonesia kegiatan itu juga untuk mengisi hubungan kerjasama "sistercity" Bandung dan Braunschweig, demikian keterangan pers KJRI Hamburg yang diterima Antara London, Senin.

Hubungan kota Bandung dan Braunschweig adalah hubungan sistercity tertua antara kota di Jerman dan di Asia yang 24 Mei genap 49 tahun, begitupun bagi Indonesia.

Acara diawali parade busana adat Indonesia dan diikuti tari persembahan Minangkabau dan pembukaan oleh Konsul Jenderal RI Hamburg Teuku Darmawan, Ketua DIG Niedersachsen Wolfgang Sehrt, dan Wakil Wali kota (Burgermeisterin) Braunschweig Harlfinger.

Konsul Jenderal Teuku Darmawan menyampaikan pentingnya pagelaran seperti itu untuk mempromosikan Indonesia yang lebih luas dan hubungan yang lebih erat antara kedua negara khususnya kota Bandung dan kota Braunschweig.

Panggung megah disiapkan pemerintah kota Braunschweig didekorasi dengan ornamen khas Indonesia seperti umbul-umbul, payung dan kain-kain dilengkapi instrumen-instrumen gamelan, menarik perhatian pengunjung Mall Schloss-Arkaden.

Grup kesenian Indonesia dari Hamburg, Braunschweig dan Bremen menampilkan musik gamelan, musik angklung, vocal group Batak serta tari-tarian Indonesia .

Tari Kalesworo, tari Merak, tari Klono Topeng dan tari Jaipong dan juga tari Bali serta tari Saman yang dibawakan seniman Indonesia mendapat sambutan dan antusias ratusan pengunjung yang memenuhi Mall.

Kelompok Hamburg Angklung Orchestra binaan KJRI Hamburg mendapat sambutan hangat dari penonton terutama saat-saat menyanyikan lagu Jerman.

Masyarakat Jerman pun diajak memainkan alat musik tradisional Jawa Barat di akhir pertunjukkan dan menghayati penampilan seni budaya Indonesia.

Banyak pengunjung yang datang dengan maksud untuk belanja ke Mall Schloss-Arkaden, akhirnya tinggal berjam-jam untuk mengagumi penampilan seni budaya tersebut.

Ketua DIG Niedersachsen menyampaikan kegembiraan sukses acara dan mengharapkan melalui pagelaran budaya dapat menarik masyarakat Jerman terhadap budaya Indonesia yang pada gilirannya berkunjung ke Indonesia.

KJRI Hamburg juga menayangkan film-film promosi pariwisata Indonesia, menampilkan poster-poster di sekitar panggung pertunjukan dan membagi bahan informasi berbentuk brosur buletin KJRI triwulan "Indonesien Magazin" berbahasa Jerman serta leaflet-leaflet.

Wakil Walikota Braunschweig menilai acara "Indonesien ganz nah" berjalan sukses berkat kerjasama KJRI di Hamburg didukung kelompok seni WNI dan DIG Niedersachsen serta pemerintah kota Braunschweig.
(*)


COPYRIGHT © 2009 ANTARA

Tidak ada komentar: