Sabtu, 09 Mei 2009

DUBES RI DI ROMA

DUBES RI SERAHKAN SURAT KEPERCAYAAN KE WFP

London, 9/5 (ANTARA) - Duta Besar RI Roma sebagai wakil tetap RI untuk Badan PBB Program Pandan Sedunia (Eksekutif World Food Program/WTF), Mohamad Oemar menyerahkan Surat-Surat Kepercayaan kepada Direktur Eksekutif WFP, Josette Sheeran. di Kantor Pusat WFP di Roma.

Atase Pertanian KBRI Roma Erizal Sodikin kepada ANTARA London, Sabtu mengatakan, dalam kesempatan itu Dubes menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada WFP atas segala peranannya di Indonesia selama ini khususnya bantuan terhadap korban bencana Tsunami dan juga beberapa kegiatan lainnya seperti program school feeding,
Pada acara penyerahan Surat-Surat Kepercayaan ini, Dubes didampingi oleh Atase Pertanian, menjelaskan tentang peran serta Indonesia dalam memberikan bantuan pangan khususnya beras yang telah banyak dilakukan secara bilateral.
Selain itu dengan meningkatnya kemampuan produksi beras dalam negeri, saat ini pemerintah Indonesia tengah membahas kemungkinan penyaluran bantuan Indonesia melalui jalur multilateral khususnya WFP.

Direktur Eksekutif World Food Program (WFP) sebelumnya menjabat Deputi USTR, mengucapkan selamat datang dan meyakini dengan latar belakang Dubes yang banyak berkecimpung di badan Internasional khususnya WTO akan sangat berperan dalam menopang kegiatan WFP.

Sheeran menghargai dan menaruh harapan besar atas peranan Indonesia sebagai salah satu negara yang mampu mengelola keamanan pangannya sehingga terhindar dari krisis pangan dan bahkan mampu swasembada.

Ia juga menghargai keberhasilan Indonesia dalam menyalurkan dan mengelola bantuan khususnya untuk bencana Tsunami dan menjelaskan bahwa banyak pelajaran yang didapat oleh WFP dari keberhasilan Indonesia dalam menanggulangi dampak akibat bencana alam ini.

Sheeran menginformasikan bahwa WFP sedang menyusun model tentang sistem terbaik dalam pengelolaan pangan utama dan ingin belajar dan mendapatkan informasi lebih jauh pengalaman Indonesia dalam mengelola pangan utama ini khususnya beras. (U-ZG) ***5***


(T.H-ZG/B/S023/S023) 09-05-2009 17:53:00

Tidak ada komentar: