Kamis, 28 Mei 2009

KBRI HELSINKI IKUTI WV FESTIVAL

KBRI HELSINKI IKUTI WV FESTIVAL 2009

London, 27/5 (ANTARA) - KBRI Helsinki bersama dengan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Finlandia ikut memeriahkan "The 10th World Village Festival" (WVF 2009) di Kaisaniemi Park, Helsinki, Finlandia, dengan menampilkan tiga tarian tradisional Indonesia.

Ke-tiga tarian tradisional itu, adalah Jaipongan (Jawa Barat), Gaba-Gaba (Sulawesi Utara), dan Poco-Poco (Maluku), kata Pelaksana Fungsi Pensosbud kepada ANTARA London, Siti Azzah Murad, Rabu.

Ia mengatakan, festival itu digelar oleh Pusat Pelayanan Kerja Sama Pembangunan Finlandia (KEPA), organisasi independen non-partisan yang menaungi 270 organisasi kemasyarakatan bergerak di bidang pembangunan dan globalisasi di Finlandia.

Festival yang menjadi ajang bertemu dan berbaurnya berbagai macam seni dan nilai budaya bangsa itu, diharapkan dapat memupuk dan mempertebal rasa toleransi multikultur bagi seluruh kalangan masyarakat di Finlandia.

Festival yang diadakan yang kesepuluh kalinya ini mengambil tema sentral "climate" atau iklim, guna menggerakkan hati pengunjung untuk lebih peka terhadap masalah perubahan iklim global.

Festival diikuti 300 lembaga/instansi publik dan swasta yang bergerak di bidang kerjasama pembangunan dan globalisasi, seperti institusi pendidikan, museum, pengusaha, organisasi internasional (WWF dan UNHCR).

Selain berbagai kelompok-kelompok etnik asing di Finlandia, seperti Asia, Afrika, dan Amerika Latin, festival juga dihadiri oleh lebih dari 10.000 pengunjung
Ketiga tarian ditampilkan anggota PPI Finlandia mendapat sambutan yang meriah dari pengunjung yang memadati tempat penyelenggaraan WVF tahun ini.

Pada kesempatan tersebut, selain menampilkan tarian, KBRI juga menyebarkan brosur tentang wisata di Bali.

Keikutsertaan KBRI dalam acara semacam ini adalah dalam rangka melaksanakan diplomasi yang lebih pragmatis yang langsung menyentuh masyarakat luas.

Peran serta KBRI dalam acara tersebut memiliki arti strategis untuk lebih memperkenalkan Indonesia sebagai negara yang memiliki aneka ragam seni budaya baik di kalangan masyarakat setempat maupun di kalangan masyarakat pendatang di Finlandia.***5***


(T.H-ZG/B/F002/F002) 27-05-2009 14:14:11

Tidak ada komentar: