Jumat, 01 Mei 2009

WAYANG DI SPANYOL

WAYANG PUKAU PENGUNJUNG DI SPANYOL

London, 1/5 (ANTARA) - Pertunjukan Wayang Ajen Parwa Pujangga Bekasi dengan dalang Wawan Gunawan memukau sekitar 150 pengunjung pada acara pembukaan Festival Internasional Titeres de Canaria yang diadakan di Auditorio Guia de Isora Tenerife, Spanyol, baru-baru ini.

Dalam acara pembukaan festival yang dihadiri Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol, Slamet S. Mustafa itu, kelompok Wayang Ajen Parwa Pujangga menampilkan kisah cinta sejati Rama dan Sinta dari cuplikan Ramayana.

Sekretaris pertama Pensosbud KBRI Spanyol, Allen Simarmata, Jumat, mengatakan bahwa pertunjukan wayang itu pengantar ceritanya disampaikan dalam bahasa Inggris dan Spanyol.

Sebelum pertunjukan, dalang Wawan Gunawan memperkenalkan satu per satu wayang kulit maupun wayang golek yang dimainkannya, disertai dengan karakternya masing-masing.

Shinta adalah tokoh wanita yang memiliki karakter setia kepada suaminya, Rama. Sementara sang suami dikenal sebagai pahlawan keadilan, bijak dan ramah.

Dalam selingan pertunjukan wayang, dalang Wawan Gunawan menggunakan kesempatan itu untuk menyisipkan dialog yang pada intinya mempromosikan Indonesia.

Beberapa ungkapan yang terucap dari dalang dengan berkomunikasi dengan penonton. "Penonton, apakah sejauh ini anda mengenal Indonesia", yang dijawab oleh penonton dengan suara lantang, "kenal".

Kemudian, Wawan Gunawan mengatakan, "Kalau sudah kenal, ayo silakan datang ke Indonesia ya, untuk melihat keindahan dan keanekaragaman budayanya."
Selain mengadakan pertunjukan di Guia de Isora, kelompok wayang itu juga berpentas di beberapa kota di Tenerife, seperti Santa Cruz de La Palma, Rosario, Los Realejos, dan Aguimes.

Selain Indonesia, turut serta pula peserta kelompok wayang negara-negara lainnya yaitu Turki, Bulgaria, Polandia, Perancis dan tuan rumah Spanyol.

Dalam upaya mempromosikan khasanah budaya, KBRI bekerjasama dengan Casa Asia, Lembaga Sosial Budaya di bawah naungan Kemlu Spanyol, akan mementaskan Group Wayang Ajen Parwa Pujangga di Auditorio Conde Duque di Madrid, pada 5 Mei mendatang. ***5**** (U-ZG)
(T.H-ZG/B/H-KWR/H-KWR) 01-05-2009 19:59:33

Tidak ada komentar: