Kamis, 30 April 2009

PAMERAN FOTO INDONESIA

PAMERAN FOTO INDONESIA DI KOTA SEDLCANY, CEKO

London, 1/5 (ANTARA) - Pameran Foto Indonesia hasil karya Lenka Kyrianova, mantan penerima Beasiswa Darmasiswa menarik minat masyarakat kota Sedlcany, Ceko yang berlangsung selama tiga bulan dari 29 April hingga 31 Juli mendatang.

Pameran digelar di Kulturni Dum Josefa Suka secara resmi dibuka Azis Nurwahyudi, mewakili Dubes RI untuk Ceko Salim Said, itu merupakan kegiatan budaya Indonesia oleh generasi muda Ceko, demikian keterangan pers KBRI Praha yang diterima Antara London, Kamis .

Azis Nurwahyudi mengatakan bahwa Lenka Kyrianova, merupakan salah satu contoh generasi muda Ceko yang aktif mempromosikan Indonesia.

Lenka merasa begitu dekat dengan Indonesia, terutama Yogyakarta, setelah pada tahun 2008 lalu belajar di Universitas Gadjah Mada, ujarnya.

Sementara itu Lenka Kyrianova mengatakan bahwa kecintaannya kepada Indonesia, yang membuat dirinya ingin berbagai pengalaman tentang Indonesia dengan masyarakat kota tempat dia dibesarkan dengan cara memamerkan foto-foto hasil karyanya itu.

Karya Lenka yang dipamerkan tidak saja mengenai aktivitas kehidupan sehari-hari masyarakat Yogyakarta tetapi obyek lainnya seperti Kraton dan Borobudur, tetapi juga keindahan alam Indonesia seperti Maluku, Siberut, Nias, Flores, Komodo dan tentu saja Bali.

Selain pameran foto, Lenka juga melengkapi dengan pemutaran slide show dari pengalamannya selama mendaki Gunung Bromo.

Menurut Azis Nurwahyudi, presentasi yang menceritakan Indonesia melalui berbagai foto tersebut mendapat sambutan pengunjung yang memenuhi aula gedung kebudayaan kota tersebut.

Lenka juga menceritakan pengalamannya selama belajar di UGM dan mendorong anak-anak muda dari kota itu untuk mengikuti langkahnya dengan mempelajari kebudayaan Indonesia melalui program Beasiswa Darmasiswa yang disediakan Pemerintah Indonesia untuk mahasiswa asing dari berbagai negara.

Selain foto, Lenka juga memamerkan koleksi kain Batik dan kerajinan tradisional lain yang dia kumpulkan selama di Indonesia. Bahkan Lenka juga menyajikan nasi rendang dan perkedel disertai minuman teh dan kopi khas Indonesia.

(U-ZG)
(T.H-ZG/B/B012/B012) 01-05-2009 05:54:35

Tidak ada komentar: