Selasa, 28 April 2009

PERAIH OSCAR CEKO DUKUNG FFI

PERAIH OSCAR CEKO DUKUNG FESTIVAL FILM INDONESIA

London, 27/4 (ANTARA) - Festival Film Indonesia 2009 di Republik Ceko mendapat perhatian khusus dari pemenang Oscar dari Ceko Jiri Menzel yang hadir dalam konferensi pers yang digelar Senin di KBRI Praha.

Jiri Menzel hadir bersama sejumlah media di Ceko menyampaikan rasa bangga dan mendapat kehormatan menjadi patron Festival Film Indonesia 2009, ujar Pensosbud KBRI Praha, Azis Nurwahyudi kepada Koresponden Antara London, Senin.

Dikatakannya KBRI Praha akan menyelenggarakan Festival Film Indonesia 2009 dengan tema 'Retrospektif Film Riri Riza' pada 19-21 Mei 2009 di City Library Hall, Praha.

Azis Nurwahyudi mengatakan dukungan Jiri Menzel, sutradara kenamaan peraih Oscar dalam film Closely Watched Trains (Ostre sledovane vlaky), diberikan kepada Riri Riza setelah melihat film-film karya sutradara muda dinilainya memberikan nilai-nilai yang positif, Ini berbeda dengan trend film dunia saat ini dimana kebanyakan film adalah film horror, ujarnya.

Menzel juga menilai pantas jika film Laskar Pelangi mendapat banyak penghargaan karena memang film tersebut menarik dan terbukti ditonton jutaan pemirsa. Karena itu sutradara dan aktor kawakan Ceko itu juga menganjurkan agar masyarakat Ceko menonton film-film yang akan diputar.

Duta Besar RI untuk Republik Ceko, Salim Said, menyatakan Festival Film Indonesia ini untuk yang ketiga kalinya diselenggarakan KBRI Praha mengambil tema khusus perjalanan film Riri Riza yang mendapat pengakuan internasional dan mampu bersaing dengan karya-karya sineas asing.

Dubes Salim Said yang juga kritikus film, menjelaskan sejarah dan perkembangan sinematografi Indonesia sejak awal abad kedua puluh, termasuk pembuatan film `Aksi Kalimantan' hasil kerjasama antara Indonesia dan Ceko(slovakia) pada tahun 1962, sekaligus rencana kerjasama antara Institut Kesenian Jakarta dengan Akademi Seni Ceko, yang mancakup kerjasama bidang Film dan Teater.

Pada FFI 2009, film Laskar Pelangi menjadi film pembuka yang diputar tanggal 19 Mei 2009, untuk itu KBRI Praha mengundang pejabat pemerintah, kalangan diplomatik, sineas Ceko, mahasiswa sekolah perfilman, dan publik.

Usai pembukaan juga akan dilangsungkan diskusi dengan Riri Riza mengenai perfilman Indonesia dan karya-karyanya yang juga akan dihadiri Jiri Menzel dan akan terlibat dalam diskusi tersebut.

Selain Laskar Pelangi, karya Riri Riza yang akan diputar film Gie, Eliana-Eliana, Petualangan Sherina, Untuk Rena dan Tiga Hari Untuk Selamanya.

Selain di Praha, film Laskar Pelangi secara khusus akan diputar di Sekolah Film Zlin, di mana setiap tahun di kota tersebut diselenggarakan Festival Film Internasional untuk film cerita anak-anak dan remaja. Riri Riza secara khusus telah diundang untuk berdiskusi dengan para siswanya.

Pada festival film kali ini KBRI Praha menggandeng perwakilan Indonesia lainnya di Eropa yakni di Wina, Beograd dan Hamburg. Pelaksanaan Festival Film Indonesia pada tahun ini juga didukung Direktorat Film Debudpar, Miles Production, Sabila Center for Competitiveness, Kompas Gramedia, Nu Green Tea, Imeco, Binus University dan Jamsostek. (U-ZG)***5***

(T.H-ZG/B/J006/B/J006) 27-04-2009 21:23:07

Tidak ada komentar: