Kamis, 09 April 2009

PERHATIAN DUNIA PADA INDONESIA

DUBES THAMRIN : PERHATIAN DUNIA TERTUJU KEPADA INDONESIA

London, 9/4 (ANTARA) - Dutabesar RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia, Yuri Thamrin mengatakan, saat ini perhatian dunia tertuju kepada Indonesia yang tengah melaksanakan pesta demokrasi.

"Seperti harapan dunia internasional dan Indonesia juga berharap Pemilu dapat berjalan dengan baik dan lancar," ujar Yuri Thamrin kepada koresponden Antara London di KBRI London, Kamis.

Diakuinya, banyak koran Inggris yang menulis mengenai kegiatan seputar kampanye yang berjalan dengan lancar dan juga Pemilu dengan ulasan yang memberikan harapan pada Indonesia.

Dubes mengakui selama ini Indonesia dikenal dengan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, ternyata demokrasi dapat berjalan dengan beriringan.

Menurut mantan jurubicara Deplu, harapan warga Indonesia yang ada di Inggris agar Pemilu dapat berlangsung dengan lancar dan juga bagi mereka yang tidak bisa datang langsung mengirimkan surat suaranya melalui pos.

Pemilu di Inggris berlangsung dalam udara musim semi dan juga ditengahi oleh beberapa warga Papua yang berada di Inggris melakukan demo di depan KBRI London.

Sejak pukul 9 pagi masyarakat Indonesia yang ada di London dan sekitarnya mendatangi Tempat Pemugutan Suara (TPS) di lantai bawah gedung KBRI London yang tidak jauh dari Kedutaan Amerika Serikat.

Dutabesar RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia, Yuri Thamrin bersama Ny Sandra Thamrin ikut bersama sekitar 200 masyarakat Indonesia ikut mencontreng tanda gambar yang ada di surat suara.

Usai mencontreng dalam bilik suara petugas PPLN minta peserta Pemilu mencelup salah satu jari dengan tinta biru yang menandai telah ikut Pemilu.

"Harus ditandai kalo tidak nanti ada yang kembali mencontreng," ujar Rita Pakasih yang khusus menjaga di bagian untuk memberikan tanda tidak terkecuali Dubes Yuri Thamrin dan Ny Sandra Thamrim yang memperliatkan jari kelingkingnya yang berwarna biru.

Sekitar lima ribu masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah Inggris, Wales, Skotlandia dan Irlandia telah mendaftarkan diri untuk meramaikan pesta demokrasi yang digelar empat tahun sekali.

Sebagian besar mereka melakukan pemilihan melalui surat suara yang telah dikirimkan ke alamat masing masing sejak beberapa waktu lalu.
Sehubungan dengan libur panjang Paska dari 10 hingga 13 April, panitia PPLN London memberikan dispensasi perpanjangan pengiriman surat suara hingga tanggal 16 April mendatang. (U-ZG) ***1***

(T.H-ZG/B/M012/M012) 09-04-2009 23:46:17

Tidak ada komentar: