Kamis, 09 April 2009

DEMOKRAT MENANG, DI MOSKOW

DEMOKRAT MENANG, PKS DAN GOLKAR BERSAING DI MOSKOW

London, 10/4 (ANTARA) - Perhelatan pemilu di Moskow, Rusia dimenangkan Demokrat, sedangkan Partai Golkar dan Partai Keadilan Sejahtera meraih suara sama.

Riuh tepuk tangan bergemuruh ketika perhitungan suara ditutup tepat pada pukul 18.00 waktu setempat atau pukul 21.00 WIB, ujar Ketua PPLN, M. Aji Surya, kepada koresponden Antara London, Kamis malam.

Dikatakan, 45 warga yang hadir tampak bergembira menyaksikan perhitungan suara. "Semua menang karena pemilu berjalan aman dan adil," celoteh seorang ibu yang sejak pagi setia mengikuti perhelatan.

Menurut M Aji Surya, pemilu langsung di Moskow diikuti 239 Warga Indonesia yang tertera dalam DPT Luar Negeri. Adapun sisanya yang berdomisili di lebih dari 15 kota akan mengikuti pemilihan melalui surat suara.

Dari calon pemilih langsung yang ada, hanya hadir 169 orang ditambah dua pindahan.

Terdapat 79 suara nganggur yang kemudian dicoret sebagai tanda tidak bisa dipakai. "Lumayan, tingkat partisipasi di Moskow adalah 70,71 persen," kata Ketua PPLN, M. Aji Surya.

Uniknya, dalam perhitungan kali ini terdapat 18 suara tidak sah dimana dua diantaranya dicontreng seluruh partai.

Selain itu, lima suara lainnya tidak terdapat tanda-tanda pencontrengan. "Bingung, ga usah pilih deh," demikian coretan di satu suara.

Partai Demokrat, seperti di Indonesia, menyabet suara terbanyak, 36 suara. Sedangkan Golkar dan Partai Keadilan Sejahtera sama-sama meraup 27 suara.

Sedangkan PAN mendapat lima suara, Partai Hanura, Partai Karya Peduli Bangsa dan Gerindra memperoleh empat suara, sedangkan PPP dan Partai Pelopor satu suara. Sebanyak 16 partai gagal total menancapkan pengaruhnya di Moskow.

Mengacu pada pemilu 2004 di Moskow yang dimenangi oleh PDIP (28) disusul PKS (23) PAN (21) dan Demokrat (17) dan Golkar (7), maka telah terjadi suatu pergeseran suara sehingga Demokrat, PKS dan Golkar kini relatif merajai.

Sedangkan dari sisi perolehan suara oleh calon legislatif, kemenangan kali ini diraih oleh caleg Jeri Sambuaga dari Partai Golkar dengan tujuh suara.

Duta Besar, Hamid Awaludin menyambut baik lancarnya perhelatan pemilu di Moskow. "Tingkat partisipasi yang tinggi dan keberhasilan pelaksanaan pemilu di Moskow pastilah menyumbang penegakan demokrasi nasional," ujarnya mantap. ***1***
(U-ZG)
(T.H-ZG/B/M012/M012) 10-04-2009 01:12:19

Tidak ada komentar: