Senin, 06 April 2009

EKONOMI CEKO STABIL

DI TENGAH KRISIS GLOBAL, EKONOMI CEKO RELATIF STABIL

London, 7/4 (ANTARA) - Ekonom Ceko yang juga mantan penasehat ekonomi Presiden Vaclav Have, Ph Dr. Tomas Sedlacek, mengakui ekonomi Ceko relatif stabil di tengah krisis ekonomi dunia dewasa ini.

Hal itu disampaikan Tomas Sedlacek, pada acara Diplomatic Lecture Series (DLS) yang digelar KBRI Praha, Senin untuk yang ke empat kalinya, ujar Seketaris pertama Pensosbud KBRI Praha Azis Nurwahyudi, Selasa.

Mengambil tema "Perkembangan Ekonomi Dunia dan Ceko", Tomas Sedlacek memberikan paparan di hadapan para Duta Besar negara sahabat dan sejumlah diplomat asing lainnya di aula KBRI Praha.

Duta Besar RI di Praha, Salim Said dalam pembukaannya menyampaikan bahwa DLS adalah acara bulanan yang diselenggarakan KBRI Praha dengan mengangkat berbagai tema yang sedang aktual di Ceko.

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai Ceko bagi para diplomat yang bertugas di negara ini, ujarnya.

Tomas Sedlacek (32), Chief Macroeconomic Strategist Bank Nasional Ceko dan mantan penasehat ekonomi Presiden Vaclav Havel, menyatakan krisis ekonomi yang tengah melanda dunia salah satu faktornya karena ketidakpercayaan pada semua sektor ekonomi.

Selain itu dipengaruhi oleh kondisi psikologis masyarakat yang tidak yakin sampai kapan krisis ini akan berakhir, ujarnya.

Satu hal yang harus segera dilakukan adalah memulai menciptakan kembali kepercayaan masyarakat, sehingga akan membantu perlahan-lahan memulihkan kondisi ekonomi, katanya.

Sedlacek juga menyatakan bahwa industri perbankan yang mampu bertahan karena adanya dukungan pemerintah sehingga masyarakat masih mempercayainya. Ia membandingkan krisis ekonomi yang terjadi sekarang dengan krisis ekonomi di waktu lampau, termasuk tahun 1930-an.

Pada saat itu tidak ada lagi negara yang mampu mengangkat keterpurukan ekonomi negara lain karena semua terkena imbasnya.

Untuk kondisi di Ceko, Sedlacek menyatakan bahwa meskipun terjadi penurunan kemampuan ekonomi dan merosotnya GDP, namun kondisi ekonomi Ceko dinilainya masih relatif stabil.

Walau begitu, dirinya juga menyatakan tidak bisa memastikan kapan situasi seperti ini akan berakhir. Menurutnya krisis ekonomi ini bisa berjalan sampai tiga tahun dan karena saat ini masih berada di masa pertengahan maka sulit mempredisksinya dengan tepat.

Satu hal yang ditekankan oleh Sedlacek adalah Ceko perlu mengadakan beberapa perubahan agar tetap bisa bertahan.

***2***
(U-ZG)
(T.H-ZG/B/S004/S004) 07-04-2009 08:17:05

Tidak ada komentar: