Rabu, 22 April 2009

SEKOLAH INDONESIA MOSKOW

SEKOLAH INDONESIA MOSKOW GELAR UJIAN NASIONAL

London, 22/4 (ANTARA) - Sekolah Indonesia Moskow (SIM) menggelar ujian nasional seperti juga yang dilakukan siswa kelas tiga SMA yang serentak dilaksanakan di tanah air.

Sekolah Indonesia Moskow tidak sebesar sekolah umum di Indonesia, ujian kali ini diikuti sembilan siswa, ujar Penanggungjawab Fungsi Pensosbud dan Pendidikan KBRI, M. Aji Surya kepada Antara London, Rabu.

Kesembilan murid yang ikut ujian nasional adalah dua siswa dari kelas tiga SMA, tujuh SMP serta seorang murid SD sebelum pelaksanaan ujian mendapat pengarahan dari Kuasa Usaha Ad-Interim KBRI Moskow, A Agus Sriyono.

Diharapkannya, para siswa dapat melaksanakan ujian dengan kesungguhan karena menyangkut masa depan siswa. "Belajar, konsentrasi, jangan takut. Satu lagi, kurangi main game," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SIM, Basok, mengatakan meskipun jumlahnya sedikit, namun suasana ujian juga tidak kalah tegangnya. Bahkan, murid SMA peserta ujian kali ini dijaga dua orang guru.

Sebelum ujian dilaksanakan, peserta mendapat pengarahan dan dukungan moril agar dapat melaksanakan ujian nasional dengan baik.

Menurut Kepala Sekolah yang pernah menjadi guru di SMA 115 Jakarta, tahun lalu 100 persen siswa didiknya berhasil lulus UN.

"Tiga siswa lulusan SMA SIM semua diterima di PTN. Satu diterima di Fisip UI, dua lainnya diterima di Universitas Persahabatan Bangsa-Bangsa di Moskow, Rusia," ujar Basok bangga.

Sampai saat ini, Sekolah Indonesia Moskow memiliki 38 siswa dari TK sampai SMA. Adapun jumlah gurunya sebanyak 13 orang. Adapun andalan SIM dalam bidang substansi adalah bahasa Inggris, bahasa Rusia dan teknologi informasi.

Diantara sekolah Indonesia di luar negeri, SIM dinilai bagus. Dalam perlombaan prestasi siswa sekolah luar negeri yang diadakan di Yogyakarta tahun 2008 misalnya, SIM menyabet lima gelar juara, demikian M Aji Surya. ***5***
(U.ZG)

(T.H-ZG/B/M012/M012) 22-04-2009 06:00:40