Rabu, 29 April 2009

DUBES EDDY PRATOMO

DUBES EDDY PRATOMO SERAHKAN SURAT KEPERCAYAAN PADA PRESIDEN JERMAN

London, 29/4 (ANTARA) - Dubes Eddy Pratomo menyerahkan Surat Kepercayaan sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Repubik Federal Jerman kepada Presiden Republik Federal Jerman, Horst Kohler di Istana Bellevue.

Mengawali pembicaraan, Dubes RI menyampaikan salam hangat dari Presiden RI, DR. Susilo Bambang Yudhoyono kepada Presiden Horst Kohler, demikian keterangan pers KBRI Berlin yang diterima ANTARA London, Rabu.

Dubes Eddy Pratomo, mengharapkan agar hubungan kedua negara dapat lebih ditingkatkan lagi di masa yang akan datang, sehingga Indonesia dapat menjadi mitra strategis Jerman di kawasan Asia.

Sementara itu Presiden Kohler menyampaikan penghargaan atas terpeliharanya kerukunan beragama di Indonesia, negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia dan mengharapkan perlunya berbagi pengalaman terkait dengan isu dialog antar peradaban.

Dubes RI mengemukakan Indonesia mengambil berbagai inisiatif dalam pengembangan Interfaith Dialogue, Intermedia Dialogue dan Inter Cultural Dialogue baik di tingkat bilateral maupun regional.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes menyampaikan harapan agar Jerman dapat berpartisipasi dalam penyelenggaraan Global Interfaith Dialogue yang akan diadakan pada tahun 2010 di Indonesia.

Dubes Eddy Pratomo dan Presiden Kohler juga membahas berbagai masalah multilateral seperti tindak lanjut Pertemuan G-20, krisis keuangan global dan isu proteksionisme.

Dalam hal krisis keuangan yang melanda dunia saat ini, Dubes RI menggarisbawahi perlunya kerjasama internasional untuk melakukan perbaikan sistem keuangan dunia termasuk langkah-langkah kebijakan stimulus.

Presiden Kohler yang seorang ekonom tersebut mengharapkan kerjasama yang lebih erat baik secara bilateral maupun multilateral untuk mengatasi krisis dimaksud.

Sebelum memulai tugasnya di Berlin, Dubes Eddy Pratomo menjabat sebagai Dirjen Hukum dan Perjanjian Internasional Deplu (2006-2008). Dalam masa jabatan tersebut,
Dubes Eddy menjadi Ketua Juru Runding untuk berbagai pertemuan yang membahas masalah hukum dan perjanjian Internasional, baik ditingkat bilateral, regional maupun multilateral.

Dubes Eddy Pratomo lahir di Semarang pada 5 Oktober 1953. Dubes Eddy mendapatkan gelar Master in International Law, St John`s University New York tahun 1989.

Dubes Eddy Pratomo mulai bekerja di Deplu pada tahun 1984 dan memulai karirnya sebagai diplomat muda di Perutusan Tetap RI di New York (1986-1990), Perutusan Tetap RI di Jenewa (1994-1998), Wakil Kepala Perwakilan RI di London (2004) dan Kuasa Usaha Ad Interim di London (2005-2006). (U-ZG)***3***
(T.H-ZG/B/S005/S005) 29-04-2009 05:01:52

Tidak ada komentar: