Minggu, 31 Januari 2010

KBRI Oslo Beri Penghargaan Empat Institut Norwegia

KBRI Oslo Beri Penghargaan Empat Institut Norwegia

Minggu, 31 Januari 2010 00:29 WIB | Peristiwa | Pendidikan/Agama | Dibaca 428 kali
London (ANTARA News) - KBRI Oslo menyerahkan sertifikat penghargaan kepada empat institusi pendidikan di Norwegia yang menyelenggarakan program pendidikan pra-universitas di Bali, Indonesia.

Keempat institusi pendidikan tersebut yaitu Gateway College, GoStudy, Kulturakademiet dan Active Education, ujar Sekretaris Ketiga Fungsi Pensosbud KBRI Oslo Febby Fahrani kepada koresponden Antara London, Sabtu.

Penyerahan sertifikat penghargaan tersebut merupakan apresiasi yang tinggi dari KBRI Oslo atas upaya keempat institusi, baik secara langsung maupun tidak, dalam mempererat intensitas hubungan antara masyarakat Indonesia dengan Norwegia.

Menurut Febby, keempat lembaga tersebut setiap tahun mengiriman secara rutin mahasiswa Norwegia ke Bali untuk belajar selama 14-15 minggu.

Selain itu juga keempat institusi itu berperan besar dalam kemajuan kerjasama pendidikan antara institusi pendidikan kedua negara.

Kuasa Usaha Ad-Interim KBRI Oslo Mansyur Pangeran, menyerahkan sertifikat penghargaan kepada Ulrika Herlofsen dari Gateway College, Steinar Hoen dari Gostudy, dan Kjersti Velsand dari Kulturakademiet.

Penyerahan penghargaan disaksikan Marie Teige dari Kementerian Luar Negeri Norwegia dan jajaran KBRI Oslo.

Dalam sambutannya Mansyur Pangeran menyatakan KBRI sangat menghargai upaya ke empat institusi tersebut yang menjadikan Bali sebagai kampus andalan untuk program pra-universitas yang ditawarkan institusinya.

Dikatakannya keberadaan kampus yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas belajar ditambah keindahan Bali yang sangat menyenangkan menjadikan kampus di Bali sebagai kampus terfavorit bagi para mahasiswa Norwegia.

Hal itu tercermin dengan semakin meningkatnya jumlah mahasiswa yang dikirimkan keempat institusi tersebut ke Bali.

Berdasarkan catatan KBRI jumlah mahasiswa Norwegia yang pernah mengikuti program pra-universitas di Bali sampai saat ini sebanyak 4.049 orang dan diharapkan di masa datang jumlahnya akan semakin meningkat.

Mansyur Pangeran menyampaikan komitmen KBRI untuk memberikan dukungan bagi keempat institusi dalam mempromosikan program pendidikan di Bali, serta fasilitasi pengurusan perizinan visa bagi mahasiswa yang akan berangkat studi ke Indonesia.

Perwakilan Gateway College, Gostudy, dan Kulturakademiet menyatakan rasa haru dan terima kasih atas penghargaan yang diberikan KBRI dan menyampaikan komitmennya untuk terus mempromosikan Indonesia melalui jalur pendidikan.

Diharapkan kerjasama erat antara institusinya dengan KBRI dapat terus ditingkatkan .

Jumlah mahasiswa Norwegia yang menempuh pendidikan pra-universitas di Bali, dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Berdasarkan catatan KBRI, untuk semester musim semi tahun 2010 tercatat kurang lebih 533 siswa menempuh pendidikan di Indonesia selama 14 minggu.

Jumlah keseluruhan mahasiswa Norwegia yang belajar di Bali sejak tahun 1993 hingga tahun 2009 mencapai 4.049 mahasiswa.

Pengiriman mahasiswa Norwegia ke Bali mencapai puncak tertinggi sepanjang sejarah yaitu pada tahun 2009 sebanyak 986 mahasiswa.

Nama Indonesia semakin dikenalnya di kalangan publik Norwegia melalui kerjasama dengan keempat lembaga studi dan berbagai promosi yang dilakukan KBRI Oslo dan diharapkan jumlah tersebut di tahun mendatang semakin meningkat.

Fasilitasi dan dukungan KBRI bagi program pendidikan pra-universitas yang ditawarkan keempat institusi pendidikan tersebut merupakan salah satu upaya KBRI Oslo mendorong peningkatan kerjasama pendidikan Indonesia-Norwegia.

Dukungan KBRI memberikan kontribusi pada peningkatan jumlah mahasiswa Norwegia yang belajar di Bali dari keempat lembaga pendidikan.(*)

Tidak ada komentar: