Sabtu, 30 Januari 2010

PII DI NEWCASTLE INGGERIS GELAR PAGELAN BUDAYA

PII DI NEWCASTLE INGGERIS GELAR PAGELAN BUDAYA

London, 30/1 (ANTARA) - Para pelajar Indonesia yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Newcastle upon Tyne, Inggeris baru-baru ini mengadakan acara pergelaran budaya Indonesia yang bertajuk "Indonesia, A Country With Thousand Faces".

Salah seorang panitia penyelenggara Nandinne Kuntjoro kepada koresponden Antara London, Sabtu mengatakan pagelaran budaya itu bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia di publik internasional,
Nandinne Kuntjoro mengatakan pagelaran budaya tersebut merupakan salah satu program dari Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Newcastle upon Tyne dalam rangkaian acara tahunan "Diversity Week" yang diadakan Northumbria University.

"Diversity Week" yang diadakan Northumbria University itu juga melibatkan para pelajar dari beberapa negara lain, seperti Amerika, Australia, dan Afrika Selatan, ujarnya.

Dikatakannya acara yang digelar untuk ketiga kalinya bertujuan merayakan keragaman yang ada diantara para pelajar serta memperluas wawasan dengan berbagai latar belakang budaya yang berbeda-beda.

Acara yang diadakan di Reds Bar, Student Union Northumbria University dihadiri tidak saja mahasiswa dari Inggris tetapi juga pelajar internasional diawali penampilan film video musik dokumenter tentang Indonesia.

Acara tersebut dilanjutkan dengan persembahan musik akustik oleh Jano Sukarya, Dice Dentari, dan Rian Hamzah "Omelette" membawakan lagu "Terbang" dari Gigi, yang mendapat sambutan meriah dari para pengunjung mulai berlanjut saat kelompok yang menamakan Ten2Five melantumkan lagu "I Will Fly" .
Penanggung jawab acara, Jennifer Lie, membawakan presentasi singkat mengenai Indonesia, mulai dari letak geografis, sekilas budaya tradisional, dan asal muasal kopi luwak yang terkenal di dunia.

Empat pasang mahasiswa Indonesia, termasuk Arie Wibowo, Ketua PPI Newcastle upon Tyne periode 2009/10, turut memperrsembahkan tarian daerah dari Betawi yaitu Tari Ngibing yang dibawakan dengan lincah.

Kemeriahan acara berlanjut saat peragawati amatiran yang terdiri dari para mahasiswa mengelar acara peragaan busana busana tradisional Indonesia dengan menampilkan beragam batik tradisional dan kontemporer, serta busana daerah Padang dan Betawi.

Iringan suara merdu Novitia Fikaristi dan petikan gitar Henrio Respati membawakan lagu "Tanah Air" karya Ibu Soed dan "Manuk Dadali", lagu daerah Jawa Barat karya Sambas Mangundikarta menutup acara yang mendapat sambutan dari mahasiswa berbagai negara , demikian Nandinne Kuntjoro.

(U-ZG)/B/A011)
(T.H-ZG/B/A011/A011) 30-01-2010 10:06:38

Tidak ada komentar: