Kamis, 21 Januari 2010

KEMENTERIAN PENDIDIKAN CEKO DUKUNG PERTUKARAN MAHASISWA

KEMENTERIAN PENDIDIKAN CEKO DUKUNG PERTUKARAN MAHASISWA

London, 21/1 (ANTARA) - Departemen Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Ceko mendukung upaya KBRI Praha dalam mempererat kerja sama pendidikan melalui program pertukaran mahasiswa dan Beasiswa Darmasiswa.

Pernyataan tersebut disampaikan Direktur Jenderal Hubungan Internasional Kementerian Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Ceko, Jindrich Fryc dalam pertemuannya dengan pejabat Indonesia , ujar Consellor Pensosbudpar KBRI Praha, Azis Nurwahyudi kepada koresponden Antara London, Kamis.

Azis Nurwahyudi pada pertemuan tersebut dibicarakan peningkatan kerja sama bidang pendidikan yang merupakan pelaksanaan hasil Sidang Komisi Bersama RI-Ceko yang disepakati kedua negara pada Agustus 2009 lalu.

Selain itu merupakan pelaksanaan dari Perjanjian Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan yang ditandatangani 31 Mei 1958 yang masih berlaku sampai saat ini.

Menurut Azis, KBRI Praha menjelaskan berbagai kerja sama di bidang pendidikan yang dilakukan beberapa perguruan tinggi Indonesia dengan Ceko, seperti ditandatanganinya Nota Kesepahaman antara Universitas Pembangunan Nasional (UPN) `Veteran, Yogyakarta dengan Metropolitan University Prague (MUP) dan antara Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dengan Akademi Seni Ceko (AMU) tahun 2009 lalu.

KBRI Praha juga menginformasikan mengenai Beasiswa Darmasiswa yang diberikan kepada mahasiswa dan pemuda Ceko yang tertarik untuk mempelajari seni budaya dan Bahasa Indonesia di berbagai universitas di Indonesia.

Azis Nurwahyudi mengatakan sejak tahun 1995 terdapat 76 mahasiswa Ceko yang mengikuti program Darmasiswa dan saat ini mereka bekerja atau aktif dalam berbagai organisasi di Ceko.

Sebagian dari mereka aktif membantu promosi Indonesia di Ceko dalam berbagai bidang termasuk dalam kerja sama pendidikan, ujarnya.

Dalam pertemuan itu, Azis Nurwahyudi memperkenalkan Raka Tantra Pamungkas, peserta pertukaran mahasiswa dari UPN "Veteran" Yogyakarta yang akan belajar di MUP mulai Februari, sebagai pelaksanaan nota kesepahaman kedua universitas.

Menurut Azis Nurwahyudi, terwujudnya kerja sama antara UPN "Veteran" Yogyakarta dengan MUP salah satunya juga karena adanya alumni Darmasiswa yang mengajar di universitas tersebut.

Jindric Fryc menyambut baik upaya upaya tersebut dan berjanji akan membantu terlaksananya berbagai kegiatan yang dirancang antar universitas dari kedua negara, demikian Azis Nurwahyudi.

(U-ZG)/C/A011)
(T.H-ZG/C/A011/A011) 21-01-2010 07:24:26

Tidak ada komentar: