Minggu, 10 Januari 2010

KEINDAHAN SUMATRA DI RAKOVNIK, CEKO

KEINDAHAN SUMATRA DI RAKOVNIK, CEKO

London, 10/1 (ANTARA) - Tiga warga negara Ceko, alumni penerima beasiswa Darmasiswa dari Pemerintah Indonesia, mempromosikan keindahan Sumatra melalui pameran foto yang diselenggarakan di Galeri Samson di kota Rakovnik, Ceko.

Pameran foto itu berlangsung hingga 6 Februari mendatang, ujar Councellor Penerangan Sosial Budaya dan Pariwisata KBRI Praha Azis Nurwahyudi, yang membuka pameran tersebut kepada koresponden Antara London, Minggu.

Foto hasil karya Jana Cermakova, Jana Klapova, Jan Kautecky, menceritakan kehidupan di Sumatra diambil selama mereka kuliah di Universitas Andalas, Padang tahun 2008-2009.

Azis Nurwahyudi, dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada para alumni Darmasiswa yang turut aktif mempromosikan Indonesia di berbagai kota di Ceko.

Dikatakannya KBRI Praha selalu mendorong setiap kegiatan yang dilakukan alumni Darmasiswa karena kegiatan seperti ini akan semakin mendekatkan hubungan antara Indonesia dan Ceko.

Azis Nurwahyudi juga mempromosikan beasiswa Darmasiswa yang saat ini masih dibuka pendaftarannya sekaligus membagikan formulir untuk melamar beasiswa tersebut.

Sementara itu Jana Cermakova yang memotori pameran mengatakan kegiatan ini ditujukan untuk mempromosikan Indonesia, khususnya Sumatra, dimana mereka dulu belajar Bahasa Indonesia tepatnya di Padang.

Jana mengakui bahwa ia turut prihatin dengan musibah yang baru-baru ini menimpa teman-teman mereka di kota itu. Oleh karenanya hasil penjualan foto sepenuhnya akan disumbangkan ke Padang melalui Yayasan Andalas yang mereka dirikan di Rakovnik.

Foto yang dipamerkan dibagi dalam beberapa bagian, seperti kehidupan masyarakat di Padang, keindahan alam di Sumatra Barat, dan foto kegiatan budaya di daerah itu. Untuk melengkapi pameran, selain foto juga dipamerkan batik karya Jack Simanjuntak.

Para pengunjung yang memadati Galeri Samson sangat tertarik dengan foto yang mereka nilai eksotik tersebut dan membaca setiap keterangan yang menyertai gambar dengan seksama.

Pengunjung juga bertanya kepada ketiga penerima beasiswa tersebut tentang pengalaman mereka selama di Indonesia yang disebutkan Jana Klapova sangat mengesankan.

Bahkan ia ingin kembali berkunjung ke Padang. Mereka juga memamerkan kemampuan berbahasa Indonesia kepada pengunjung yang hadir pada pembukaan pameran sore itu.

Untuk lebih mendekatkan masyarakat kota Rakovnik dengan Indonesia, ditampilkan juga tari Rantak dan Bajidor Kahot oleh Sanggar Tari Sekar Melati binaan KBRI Praha dan disuguhkan aneka makanan kecil khas Indonesia. (U-ZG)

(T.H-ZG/B/Z002/Z002) 10-01-2010 22:12:13

Tidak ada komentar: