Sabtu, 24 Agustus 2013

ALNWICK FEST

TARI RATOH DUEK MEMUKAU ALNWICK MUSIK FESTIVAL

London, 24/8 (ANTARA) - Tari Ratoh Duek dari Aceh yang dibawakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Newcastle-upon-Tyne, Inggris tampil memukau dalam acara Alnwick Internasional Music Festival 2013 yang berlangsung di Kota Alnwick, Inggris.

Keikutsertaan para pelajar Indonesia dalam Alniwck Internasional Music Festival, pagelaran musik dan tari yang berlangsung selama delapan hari di kota Alnwick untuk kedua kalinya, ujar Koordinator dan pelatih tim Indonesia, Dewi Kurniati Setiorini, di London, Sabtu.

Tahun ini Alnwick Festival diikuti berbagai grup musik dan tari dari penjuru dunia, seperti dari Indonesia, India, Estonia, Taiwan, Ceko dan negara lainnya berhasil menarik minat wisatawan, baik lokal maupun wisatawan mancanegara.

Dewi Kurniati Setiorini, mengatakan selain menampilkan tari Ratoh Duek, pelajar Indonesia dan keluarga juga menampilkan musik Angklung.

"Meskipun kami bukan professional, namun panitia dan pemirsa menikmati tari Ratoh Duek dan musik Angklung yang kami tampilkan," ucap Dewi.

Diakuinya kesukses ini tidak lepas dari kerja keras rekan-rekan yang giat berlatih selama bulan Ramadhan. "Kami juga mendapatkan bantuan dari Pak Fauzi Soelaiman, Atase Pendidikan di Kedubes RI, yang menyediakan instrumen Angklung," ujarnya.

Dewi menyampaikan panitia Alnwick Festival sangat menyukai penampilan tim Indonesia. Terbukti, pada Alnwick Festival 2013 ini, tim Indonesia dipercaya untuk tampil dalam tiga kali pertunjukkan mulai pagi dan siang hari di Alnwick Townsquare dan penampilan khusus di dalam Alnwick Garden.

Dukungan juga kami dapatkan dari Komunitas Masyarakat Aceh di UK yang meminjamkan kostum penari Ratoh Duek .

Alan Symmonds, Ketua Panitia Alwick International Music Festival 2013, menyampaikan pujiannya atas penampilan para pelajar Indonesia tersebut. "Saya berharap, komunitas warga Indonesia dapat tampil lagi di festival tahun depan," katanya.

***1***
(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 24-08-2013 09:01:54

Tidak ada komentar: