Minggu, 11 Agustus 2013

YUNANI


IDUL FITRI - PERAYAAAN IDUL FITRI DI YUNANI OBATI KERINDUAN

London, 9/8 (ANTARA) - Perayaan Idul Fitri 1434 Hijriah, dan acara silaturahmi sekitar 300 warga Indonesia yang menetap di Athena, Yunani, menjadi obat kerinduan mereka akan kampung halaman.

Sepanjang acara silaturahmi, alunan takbir dan tahmid berkumandang melengkapi kemeriahan hari kemenangan, ujar Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Athena, Jani Sasanti kepada ANTARA London, Jumat.

Sebelumnya Duta Besar RI untuk Yunani, Benny Bahanadewa dan Ny Winnie Bahanadewa, serta staf KBRI Athena menunaikan ibadah Shalat Ied bersama di Wisma Duta di Athena.

Dalam kesempatan tersebut, tampak seluruh warga dengan tekun menyimak khotbah yang disampaikan oleh khotib yaitu mengenai kemenangan yang diraih oleh tiap pribadi muslim melalui ibadah ramadhan.

Menurut khotib ada tiga kemanangan yang diraih yaitu kemenangan spiritual, emosional dan spiritual. Lebih jauh dituturkan kemenangan spiritual adalah kemenangan jiwa yang menjadi bersih dan suci dari berbagai penyakit hati seperti syirik sombong dan dengki. Sementara kemenangan emosional dijelaskan jika yang bersangkutan dapat mengendalikan diri menjadi sabar.
Pada akhir ceramah ia menjelaskan mengenai kemenangan intelektual yang ditandai dengan kecerdasan dalam memahami realita yang selalu dapat memberikan keseimbangan pada diri dan pemikiran.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Yunani, Benny Bahanadewa dalam pesan Idul Fitri menyampaikan rasa syukur karena dapat berlebaran bersama warga Indonesia di Yunani untuk pertama kalinya sejak kedatangan pada November 2012.

Melalui momen Idul Fitri, Dubes mengharapkan agar seluruh warga masyarakat Indonesia yang tinggal di negeri orang, senantiasa dapat meningkatkan iman dan ketakwaannya.

Seusai melaksanakan ibadah, masyarakat Indonesia di Athena maupun "friends of Indonesia" komunitas sahabat-sahabat bagi Indonesia, saling bermaafan dan memberi ucapan selamat.

Terlukis keharuan di wajah para warga yang tidak dapat "mudik" ke Indonesia melainkan merayakan lebaran jauh dari sanak saudara dan Tanah Air. Namun rasa kengen tersebut dapat terobati karena bertemu banyak teman sesama daerah asal yang juga berada di Athena.

Suasana berlebaran seperti di Tanah Air pun terasa melalui makanan khas sepeti ketupat dan lontong sayur, nasi kebuli, gulai kambing, rendang, opor ayam, sambal goreng hati, mie goreng, empek-empek kapal selam, kerupuk udang dan berbagai jenis jajanan pasar, serta aneka buah segar disiapkan Ibu-ibu Darma Wanita Persatuan KBRI Athena.

Kemeriahan suasana berlebaran juga juga hadir dengan adanya hiasan-hiasan ketupat berlatar belakang tulisan besar "Minal Aidin Wal Faidzin" yang menyambut warga masyarakat Indonesia ketika memasuki gerbang Wisma Duta.

Ribuan warga muslim dari berbagai bangsa yang tinggal di Athena melaksanakan sholat Ied di berbagai tempat, seperti di stadion olahraga, kompleks olimpiade OAKA Athena yang disediakan oleh Pemerintah Yunani.

Pembangunan mesjid resmi pertama di ibukota Athena sedang dalam tahap penyelesaian.

(ZG)
(T.H-ZG/A/M. Dian A/M. Dian A) 09-08-2013 14:27:00

Tidak ada komentar: