Jumat, 23 Agustus 2013

ISI SURAKARTA

ISI SURAKARTA TAMPIL DI BURGAS FOLKLORE FESTIVAL

Oleh Zeynita Gibbons

London, 23/8 (Antara) - Tim Kesenian Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta tampil menghibur sekitar 3.000 penonton yang memenuhi Summer Theater yang terletak di pinggir pantai Laut Hitam pada "Burgas International Folklore Festival" di Burgas, Bulgaria.

Fungsi Pensosbud KBRI Sofia Dina Martina kepada Antara London, Jumat, menyebutkan bahwa selama tiga hari pertunjukkan dari tanggal 19 hingga 21 Agustus, tim kesenian mendapat sambutan antusias dari pengunjung.

Festival dibuka Menteri Kebudayaan Bulgaria Petar Stoyanovich dan Wali Kota Burgas Dimitar Nikolov dan dihadiri Dubes RI di Sofia dan Ny. Lia B. Saptomo .

Festival diikuti sekitar 400 penari dari 12 negara, di antaranya dari Turki, Serbia, Kroasia, Yunani, Bosnia Herzegovina, Georgia, Rusia, Mesir, Slovakia, Italia, Indonesia dan tuan rumah Bulgaria.

Pada hari ketiga, Stage Director Festival naik ke atas panggung menyalami para penari dan pemusik satu per satu yang terdiri dari 20 dosen dan mahasiswa ISI Surakarta meliat sambutan luar biasa diberikan penonton.

Tarian yang dibawakan merupakan kolaborasi tari dan nyanyian Nusantara selama 30 menit berupa konser musik bamboo, tari Banyumas, Rampak Ganong dari Ponorogo, Kecak dari Bali, dan nyanyian Nusantara dari Sumatera, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Papua.
Tim ISI hadir dengan tarian yang bervariasi/berbeda-beda dalam setiap penampilannya, menunjukkan keragaman budaya Indonesia dengan kreographer tari dan musik Dwi Wahyudiarto, Dosen ISI yang merupakan salah satu choreographer terbaik ISI.
Selain tarian di atas, tarian lainnya yang dibawakan pada hari pertama dan ketiga antara lain tari Jaipong, Gandrung Jaran Dawuk Banyuwangi, dan tari Jatil dari Jawa Tengah.
Tim Kesenian ISI dipimpin Rektor ISI Prof. Dr.T. Slamet Suparno, dan dua pejabat dari Ditjen Dikti juga akan memeriahkan Resepsi HUT ke-68 RI di Hotel Shangrila Sofia dan berpartisipasi pada Zheravna Traditional Costume Festival tanggal 24 Agustus.

Selain itu, Tim Kesenian ISI juga melakukan lawatan ke kota Montana pada tanggal 25 Agustus dan mengadakan Workshop Tari dan batik di kota tersebut.

Rektor ISI direncanakan akan mengadakan pertemuan dengan Wakil Walikota Montana dan wakil Sekolah Tari yang berada di bawah naungan Municipality Montana.
Pada kesempatan pertemuan dengan Rektor Akademi Seni Tari, Musik dan Seni Lukis Plovdiv, Milcho Vasilev, kedua Rektor menandatangani MoU antara ISI dengan akademi tersebut.

Untuk awal kerjasama, Rektor ISI akan mengundang Rektor Akademi Seni Tari, Musik dan Seni Lukis Plovdiv menghadiri kegiatan International Art Summit yang akan berlangsung bulan Oktober 2013.

Sebelumnya, Rektor ISI bertemu dengan wakil dari majalah Majalah Seni kontemporer (EDNO) yang minta agar ISI dapat mengirimkan dua penari kontemporernya pada Sofia Dance Week bulan Oktober 2014.

Diharapkan kerjasama ISI dengan berbagai institusi seni di Bulgaria akan meningkatkan saling pengertian budaya masing-masing negara serta mempererat hubungan "people to people contact". ***4***
(T.H-ZG/B/Farochah/Farochah) 23-08-2013 10:08:33

Tidak ada komentar: