Jumat, 30 Agustus 2013

HAMBURG


WAKIL MENTERI KEHAKIMAN HAMBURG TAMU KEHORMATAN HUT RI

London, 27/8 (Antara) - Wakil Menteri Kehakiman Hamburg yang mewakili Senat Hamburg, Dr. Ralf Kleindiek, menjadi tamu kehormatan dalam acara puncak peringatan HUT ke-68 Kemerdekaan RI di KJRI Hamburg.

Sekitar 250 tamu undangan termasuk Presiden International Tribunal for the Law of the Sea (ITLOS), Mantan Menteri Ekonomi Hamburg, Walikota Lauenburg, Presiden Parlemen Kota Neumünster, Ketua Parlemen Kota Bremerhaven, Presiden Bundesbank, hadir dalam acara resepsi diplomatik.

Acara itu sendiri digelar di halaman KJRI Hamburg, demikian Imam Suwongso dari Konsulat Jenderal RI Hamburg kepada ANTARA London, Selasa.

Rangkaian acara Resepsi Diplomatik diawali dengan nyanyian lagu kebangsaan Indonesia dan Jerman yang dibawakan secara solo dan live dengan iringan piano dari para mahasiswa Indonesia di Hamburg.

Selain itu disampaikan pidato Konjen RI dan wakil Senat Hamburg serta penampilan Tari Saman dari PPI Bremen, serta hiburan lagu diiringi petikan gitar dan piano oleh mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Hamburg dan Bremen.

Konjen RI Hamburg Marina Estella Anwar Bey menyampaikan perkembangan ekonomi Indonesia dimana pertumbuhan ekonomi Indonesia selama dua tahun terakhir mencapai lebih dari enam persen.

Selain itu keberhasilan penurunan tingkat penduduk miskin turun dari 16,66 persen di tahun 2004 menjadi 11,37 persen pada Maret 2013 sedangkan tingkat pengangguran dapat diturunkan dari 9,86 persen tahun 2004 menjadi 5,92 persen pada Pebruari 2013.

Konjen RI Hamburg menjelaskan peningkatan perdagangan Indonesia-Hamburg yang mencapai 1,053 milyar Euro pada tahun 2012 mencapai, meningkat dari 875,32 juta Euro di tahun 2011.

Mengingat keunggulan Hamburg di sektor-sektor infrastruktur dan energi, sejalan dengan isu-isu yang juga menjadi prioritas Indonesia.

Dalam kesempatan itu Konjen mengundang kalangan pengusaha dan pemerintah Jerman untuk meningkatkan investasi mengingat Indonesia merupakan pasar yang potensial, tidak saja jumlah penduduknya namun juga adanya perjanjian perdagangan bebas Indonesia dengan negara-negara ASEAN.

Sementara itu, Staatsrat Dr. Ralf Kleindiek yang hadir sebagai tamu kehormatan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Konjen RI Hamburg yang memeragakan keanekaragaman kebudayaan Indonesia.

Dari aspek ekonomi, ditegaskan bahwa hubungan ekonomi Indonesia-Jerman, termasuk Jerman Utara semakin meningkat.

Pada tahun 2012, barang impor dari Indonesia melalui Pelabuhan Hamburg mencapai angka sebesar 700 juta Euro, sedangkan ekspor barang ke Indonesia melalui Pelabuhan Hamburg mencapai 400 juta Euro. Dengan angka tersebut, Pelabuhan Hamburg sebagai ¿pintu gerbang ke Indonesia¿.

Jerman merupakan mitra dagang ke-19 RI dan Pemerintah Hamburg menyadari Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi paling stabil dan besar, sehingga perusahaan besar Jerman seperti Siemens dan Beiersdorf semakin tertarik melakukan investasi dan membuka cabang di Indonesia.

Para tamu menikmati berbagai hidangan khas Indonesia diiringi petikan gitar dan piano dengan lagu-lagu nasional dan internasional.

Selain pertunjukan tari Saman, juga digelar promosi budaya diantaranya peragaan busana nasional dan pagar ayu/pagar bagus dari PPI Hamburg dan PPI Bremen, patung ondel-ondel, musik sitter maupun gamelan Indonesia, yang menarik minat undangan untuk mengambil foto.

Para tamu undangan mendapat souvenir berupa kopi biji dan kopi bubuk jenis Aceh Gayo serta Sidikalang, yang berasal dari toko kopi Indo Tati¿s UG di Bremen, milik pengusaha kopi Indonesia, Tati Büsing-Kock. ***1***
(ZG)

(T.H-ZG/B/E.S. Syafei/E.S. Syafei) 27-08-2013 08:56:26

Tidak ada komentar: