Selasa, 20 Agustus 2013

DPR ACEH

DPR ACEH IKUTI HUT RI DI PARIS

Oleh Zeynita Gibbons

London, 20/8 (Antara) - Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh yang sedang berada di Paris mengikuti upacara peringatan HUT ke-68 Proklamasi Kemerdekaan RI di Wisma Duta KBRI Paris.

Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya KBRI Paris Arifi Saiman kepada Antara London, Selasa, melaporkan upacara bendera juga diikuti pejabat dan anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Paris, Kepala ITPC Lyon, serta masyarakat dan mahasiswa/pelajar Indonesia di kota Paris dan sekitarnya.

Upacara HUT ke-68 Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2013 bertema "Mari Kita Jaga Stabilitas Politik dan Pertumbuhan Ekonomi Kita Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat" itu dengan inspektur upacara Dubes RI Paris Rezlan Ishar Jenie dan Atase Militer KBRI Paris Kol. (Czi) Jaka Tandang sebagai Komandan Upacara.

Dubes RI Paris Rezlan Ishar Jenie menyebutkan dalam momentum peringatan HUT ke-68 RI ada beberapa catatan penting tentang perkembangan situasi nasional Indonesia dan hubungan bilateral RI-Perancis.

"Bagi warga Indonesia di Perancis patut dicatat adanya kemajuan positif dalam hubungan bilateral RI-Perancis," katanya.

Hubungan bilateral kedua negara mencatat momentum penting dengan kunjungan Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius ke Indonesia baru-baru ini.

Kunjungan yang disertai delegasi bisnis ini secara esensi menegaskan kembali komitmen kedua negara untuk mendorong realisasi hubungan kerja sama kemitraan strategis di lima pilar yaitu Ekonomi dan perdagangan, Pendidikan, Pertahanan dan keamanan, Kebudayaan dan Pariwisata serta Pengurangan dampak perubahan iklim.

Sehubungan dengan rencana penyelenggaraan Pemilu 2014, Dubes menggunakan momentum upacara peringatan proklamasi Kemerdekaan RI ini mengajak seluruh masyarakat Indonesia di Perancis untuk dapat menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya.

Keberhasilan Pemilu 2014 merupakan momentum penting yang ikut menentukan proses perjalanan ronda pemerintahan Indonesia dan pembangunan ekonomi berkelanjutan setidaknya untuk masa lima tahun ke depan.

Kegiatan upacara peringatan HUT ke-68 RI tahun 2013 dimeriahkan aubade anak Indonesia di Paris dan sekitarnya dipandu Irene Christiana Simanjuntak membawakan lagu nasional seperti Garuda Pancasila, Hari Merdeka, Burung Kakak Tua, dan Naik ke Puncak Gunung,
Pada perayaan HUT ke-68 Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2013 diserahkan penghargaan berupa "Pegawai Setempat Tahun 2013" kepada Lucia Dutel, staf Fungsi Administrasi yang dinilai paling berdedikasi dan berprestasi pada periode tahun 2013.

Di akhir pelaksanaan upacara HUT ke-68 Proklamasi Kemerdekaan RI, Duta besar RI Paris berkesempatan melakukan pemotongan kue HUT ke-68 RI dan selanjutnya menyampaikan potongan kue ulang tahun tersebut kepada Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Paris Rustam Hanafi. ***1*** (ZG)

(T.H-ZG/C/E.M. Yacub/E.M. Yacub) 20-08-2013 06:01:06

Tidak ada komentar: