Jumat, 23 Agustus 2013

PM BELANDA


PM MARK RUTTE APRESIASI HUBUNGAN INDONESIA BELANDA

Oleh Zeynita Gibbons

London, 23/8 (Antara) - Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte mengapresiasi hubungan Indonesia dan Belanda yang sangat kuat di berbagai bidang, juga memberikan pengakuan pencapaian positif Indonesia di berbagai bidang.

Hal itu disampaikan PM Mark Rutte yang hadir sebagai tamu kehormatan (guest of honour) bersama 700 tamu undangan lainnya dalam acara resepsi diplomatik peringatan HUT RI ke-68 di Wisma Duta, Wassenaar, Rabu, demikian Sekretaris Pertama KBRI Denhaag Danang Waskito kepada Antara London, Jumat.

PM Mark Rutte dalam pidatonya menceritakan keterkaitan dirinya secara personal dan emosional dengan Indonesia dan ia juga menjelaskan rencana kunjungan kenegaraannya ke Indonesia pada November mendatang bersama dengan delegasi bisnis Belanda yang cukup besar.

Sementara itu Dubes LBBP RI Den Haag, Retno L.P. Marsudi mengawali pidatonya dengan ucapan bela sungkawa atas meninggalnya Pangeran Johan Friso beberapa waktu lalu.

Ia juga menyinggung mengenai Kongres ke-2 Diaspora Indonesia di Jakarta yang juga dihadirinya dan diaspora Indonesia di Belanda memegang peran yang cukup penting di semua isu diskusi.

Pada resepsi diplomatik itu Dubes menyampaikan capaian Indonesia yang demokratis dengan pertumbuhan ekonomi lebih dari enam persen per tahun dan menjadi negara dengan ekonomi ke-16 terbesar di dunia.

Ia juga mengajak semua pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, untuk menciptakan suasana kondusif untuk mendukung upaya memajukan hubungan kedua negara.

Indonesia siap untuk menjalin hubungan yang "forward looking" yang didasarkan pada hubungan yang saling menghormati dan saling menguntungkan, ujarnya.

Dubes Retno L.P Marsudi melakukan pemotongan tumpeng Indonesia dan memberikannya kepada Perdana Menteri Rutte sebagai simbol persahabatan kedua negara.

Acara resepsi diplomatik juga dimeriahkan dengan pertunjukan musik langsung gamelan Bali dari Banjar Suka Duka serta penampilan tari Pendet juga hadir pejabat tinggi dan tokoh penting Belanda.

Pejabat itu antara lain Menteri Perdagangan Internasional dan Kerjasama Pembangunan Belanda Mrs. Lilianne Ploumen, Minister of State Mr. Frits Korthal Altes, Ketua Parlemen Mrs. Anouchka van Miltenburg, Ketua Senat Mrs. Ankie Broekers-Knol.

***2***
ZG)
(T.H-ZG/B/E. Sujatmiko/E. Sujatmiko) 23-08-2013 06:21:35


Tidak ada komentar: