Kamis, 28 April 2016

BUDAPEST


BAKWAN JAGUNG DIGEMARI PELAJAR HONGARIA
     Oleh Zeynita Gibbons

   London, 27/4 (Antara) - Bakwan jagung digemari para pelajar di Hansagi Ferenc Szakiskola,  sekolah kejuruan pariwisata dan tata boga ternama di Kota Szeged, Hongaria.

        Duta Besar RI untuk Hongaria Wening Esthyprobo memimpin delegasi kuliner KBRI Budapest  pada pembukaan program "Indonesian Cooking Demo at School", demikian  Pensosbud KBRI Budapest Yudhi Gunawan kepada Antara London, Rabu.

        Wening menjelaskan bakwan jagung merupakan hidangan pembuka yang mudah dibuat. Makanan ini  digemari dan "diserbu" para pelajar sekolah dari kota Szeged ini. Pelajar kota ini mengakui makanan ini gurih dan nikmat.

        Melalui promosi kuliner Indonesia ini para murid diharapkan dapat menambah wawasan, khazanah dan keterampilan memasak  kelak ketika terjun di dunia kerja khususnya punya  keahlian memasak masakan khas Indonesia berupa sayur asem, empal gepuk ataupun bakwan jagung dan puding kopi.  
   Semua masakan yang dipraktikan tersebut bahan dasarnya dapat dibeli di toko Asia di Hongaria sehingga tidak sulit membuatnya di dapur-dapur rumah masyarakat Hongaria.

        Direktur Sekolah Kejuruan Tata Boga, Keveine Meszaros Erika mengucapkan terima kasih atas  kunjungan KBRI Budapest yang mengajarkan kepada siswanya cara memasak masakan khas Indonesia yang kaya cita rasa. 
   Hal ini akan menjadi pelajaran  berharga tidak hanya bagi pelajar akan tetapi juga staf pengajar yang dapat dijadikan sebagai salah satu  mata pelajaran.  Jika sayur asem ala Thailand (tom yam) dapat diterima lidah Hongaria, diharapkan sayur asem Indonesia  tidak akan terasa asing bagi warga Hongaria.

        Sementara itu,  Ketua Komite Kebudayaan, Pendidikan, Pariwisata dan Pemuda dari Pemda Szeged József Kozma, mantan anggota Parlemen Hongaria menyakini bakwan jagung, sayur asem dan empal gepuk dari Indonesia akan dikenal masyarakat Hongaria seperti pizza dari Italia, hot dog dari Amerika atau kebab dari Turki.   
   Pemda Szeged menyatakan kesiapannya untuk  melakukan kerja sama dengan KBRI Budapest dalam peningkatan hubungan bilateral kedua negara di berbagai bidang.

        KBRI Budapest memperkenalkan makanan ringan khas Indonesia seperti  kripik singkong dan kacang atom serta permen jahe dan permen kopi yang mendapatkan sambutan hangat dari para siswa dan guru sekolah tersebut.

        Dalam promosi kuliner khas Indonesia, KBRI Budapest juga menampilkan tarian tradisional dari Indonesia, yaitu tarian Satria dari Jawa Tengah dan Tari Jaipongan Banda Urang dari Jawa Barat.

        Kegiatan diliput televisi setempat  Szeged TV dan media cetak local Del Magyarorszag yang memiliki oplah  30.000 eksemplar. Diharapkan promosi kuliner Indonesia akan lebih dikenal secara luas, tidak hanya bagi pelajar  tetapi juga masyarakat Hongaria lainnya. ***4***



(T.H-ZG/B/S. Muryono/S. Muryono) 27-04-2016 05:33:26

Tidak ada komentar: