Kamis, 28 April 2016

JOKOWI


PRESIDEN JOKOWI JADI MARKETING GARUDA DI LONDON

Oleh Zeynita Gibbons

London, 24/4 (Antara) - Sebagai mantan pengusaha furniture, Presiden RI Joko Widodo sangat andal dalam mempromosikan barang dagangannya, bahkan dalam kunjungan kerjanya di Kerajaan Inggris selama dua hari dalam berbagai kesempatan ia pun tidak segan mengajak masyarakat Inggris terbang dengan Garuda.

Pada saat berbicara di gedung Parlemen Westmister Abbey, Presiden Joko Widodo mengajak anggota parlemen Inggris untuk lebih mengenal Indonesia dan menumpang maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Datanglah ke Indonesia dan jangan hanya ke Bali. Naik Garuda yang sekarang terbang langsung dari London ke Jakarta, ujar Presiden Jokowi.

Ketika diminta komentarnya Direktur Utama Garuda , M Arif Wibowo kepada Antara London, Minggu mengakui sungguh suatu dukungan yang luar biasa dari Presiden Joko Widodo kepada maskapai penerbangan yang sebagian besar sahamnya milik negara.

"Dan tentunya kami harus menjaga dan meningkatkan kualitas layanan dan penjualan Garuda Indonesia yang saat ini sudah tahun kedua menjadi 5-star," ujar Arif Wibowo, lulusan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) itu.

Apalagi, ujar pria kelahiran 19 September 1966, Garuda menjadi anggota dari Aliansi Global Skyteam, dan cabin crewnya mendapat penghargaan sebagai The World Best Cabin Crew in the world.
Menurut Arif Wibowo, bukan orang baru di Garuda Indonesia, ajakan yang disampaikan Presiden Jokowi dalam berbagai kesempatan tidak hanya berdampak kepada para warga asing.

Tetapi tentunya juga sekaligus membangun kebanggaan kepada produk layanan Airline Indonesia sehingga masyarakat Indonesia juga semakin mencintai dan semakin banyak menggunakan layanan maskapai nasional, ujar M Arif Wibowo yang berhasil mengantarkan Citilink sebagai perusahaan start-up di bisnis maskapai penerbangan LCC tumbuh cepat. Berkat tangannya, Citilink yang tadinya hanya mempunyai 9 pesawat tahun 2012 kini bertambah menjadi 28 pesawat.

Pada saat acara UK- Indonesia Business Forum yang diadakan Departemen Perdagangan, BKPM, Asian House dan KBRI London di Hotel Mandarin, Presiden Jokowi pun mengulang kembali ajakan kepada pebisnis untuk menggunakan maskapai penerbangan Garuda. Presiden Jokowi mengakui maskapai penerbangan Garuda pernah merugi dua kali. Garuda Indonesia memang pernah merugi secara finansial tahun 2014. Namun pada tahun 2015 berhasil rebound dengan meraih laba, bahkan sejak 2007 hingga 2013 mengalami keuntungan signifikan.

Sejak akhir Maret lalu maskapai penerbangan Garuda memindahkan lokasi operasional penerbangan dari dan menuju London ke Bandar Udara Internasional London Heathrow (LHR) sebelumnya mendarat di Bandar Udara Internasional London Gatwick (LGW). Menyambut kehadiran Garuda di salah satu Bandara tersibuk di dunia, Heathrow, Manajer Garuda di London, Jubi Prasetyo mengadakan resepsi yang dihadiri Dubes RI di London Rizal Sukma dan DCM KBRI London, Anita Luhulima dan staf KBRI London , agent perjalanan serta media setempat.

Dubes RI di London, Rizal Sukma kepada Antara London mengatakan dengan adanya Garuda terbang dari Heathrow merupakan salah satu bentuk dari kehadiran Indonesia dalam masyarakat Inggris. Ia berharap dengan penerbangan Garuda, waktu yang tepat menjelang musim panas membuka peluang peningkatan jumlah penumpang Garuda dari Inggris. Dibandingkan penerbangan sebelumnya di Gatwick yang dianggap jauh dari kota London.

Menurutnya, masyarakat Inggris banyak yang senang penerbangan langsung dengan adanya puluncuran penerbangan langsung Garuda dari Heathrow ke Jakarta menjelang liburan musim panas dan musim dingin mendatang adalah momen yang tepat.

General Manager UK & Ireland, Garuda Indonesia, Jubi Prasetyo mengatakan pemindahan lokasi ke Bandar Udara Internasional London Heathrow tersebut dilakukan guna memperkuat jaringan penerbangan Garuda di kawasan Eropa, khususnya Inggris. Selain itu Bandar Udara Internasional London Heathrow dirasa lebih strategis dan lebih mempermudah penumpang untuk dapat melanjutkan penerbangan ke berbagai destinasi yang dilayani oleh SkyTeam.

Bandar Udara Internasional London Heathrow adalah bandar udara utama yang melayani kota London dan merupakan bandar udara tersibuk di negara tersebut. Frekuensi penerbangan Garuda Indonesia dari dan menuju Bandar Udara Internasional London Heathrow akan dilakukan sebanyak lima kali seminggu.

Jumlah wisatawan Inggris ke Indonesia merupakan yang tertinggi di kawasan Eropa, bahkan jika dibandingkan dengan Perancis, Jerman, dan Belanda. Pada tahun 2015, jumlah wisatawan Inggris mencapai 269 ribu orang lebih. Sementara Perancis, Jerman, dan Belanda masing-masing hanya mencapai kisaran 202 ribu, 193 ribu, dan 166 ribu orang.

Direktur Garuda Indonesia M Arif Wibowo mengajak masyarakat Indonesia yang ada di Eropa khususnya di Inggris untuk menggunakan jasa penerbangan Garuda Indonesia bila kembali ke Tanah Air untuk berlibur maupun mengunjungi keluarga. "Sebetulnya sudah tidak ada alasan lagi bagi masyarakat Indonesia yang ada di Eropa khususnya di Inggris untuk tidak menggunakan jasa maskapai penerbangan yang sebagian besar sahamnya milik pemerintah," ujar Arif Wibowo.

Apalagi adanya ajakan dari Presiden Jokowi kepada masyarakat Inggris yang ingin ke Indonesia menggunakan maskapai penerbangan Garuda yang terbang langsung dari London Heathrow ke Jakarta. ***2***-ZG/B/T. Subagyo/T. Subagyo) 24-04-2016 06:45:36





Tidak ada komentar: