Kamis, 28 April 2016

SPANYOL



TIM SBAI IKUTI KOMPETISI DI BARCELONA SPANYOL
Oleh Zeynita Gibbons

London, 5/4 (Antara) - Tim Sepak Bola Anak Indonesia (SBAI) Garuda Jaya mengikuti kompetisi sepak bola pemuda internasional "Football Cup Barcelona" kategori usia di bawah 14 tahun di Complex Esportiu Futbol Salou, Barcelona, Spanyol.

SBAI tergabung dalam grup A bersama tim asal Inggris, Belgia dan Aljazair di Barcelona, ibu kota wilayah otonom Katalonia, demikian Staf Fungsi Pensosbud KBRI Madrid, Mahadi Surya kepada Antara London, Selasa.

"Football Cup Barcelona" merupakan turnamen sepak bola pemuda internasional untuk laki-laki dan perempuan dengan berbagai kategori umur di bawah 9 hingga bawah 15 tahun. Turnammen ini diadakan dua kali setahun pada bulan April dan Oktober di Salou dan Cambril, selatan Barcelona. Turnamen ini diikuti sekitar 100 tim dari 20 negara pada bulan April dan 50 tim dari 10 negara pada Oktober, kata Mahadi Surya.

Pada babak penyisihan grup, tim SBAI Garuda Jaya meraih dua kali kemenangan melawan tim Winsford Diamond asal Belgia (8-0) dan tim Star Sport asal Aljazair (1-0). Selain itu sekali seri melawan tim Wallsend Boys asal Inggris (1-1) dan sekali kalah atas tim RUW Ciney asal Belgia (1-2).

Dengan perolehan poin tujuh tim Garuda Jaya yang dibentuk tahun 2010 lolos ke babak semifinal. Namun perjalanan tim SBAI Garuda Jaya hanya sampai ke babak semifinal setelah ditundukkan 0-2 atas tim Lewis United asal Skotlandia.

Pada perebutan tempat ke tiga, tim Garuda Jaya mengalahkan tim Brainois asal Belgia 4-3 dan Indonesia memastikan diri keluar sebagai juara ke tiga pada turnamen sepak bola pemuda internasional "Football Cup Barcelona" usia bawah 14 tahun edisi April.

Pencapaian prestasi tim SBAI Garuda Jaya dinilai membanggakan Indonesia di dunia internasional khususnya dalam dunia olahraga sepak bola diikuti berbagai negara di dunia. Tim ini juga pemenang kategori usia bawah 15 tahun dalam ajang yang sama tahun lalu.

Ajang turnamen sepak bola internasional ini merupakan suatu sarana yang efektif untuk mempromosikan Indonesia pada dunia internasional melalui olahraga sepak bola yang banyak peminatnya di seluruh dunia dan akan meningkatkan rasa keingintahuan masyarakat dunia terhadap Indonesia. (ZG) ***4***

(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 05-04-2016 05:43:58

Tidak ada komentar: