Kamis, 28 April 2016

BUKU ISLAM

PENERBIT INGGRIS BELI HAK CIPTA BUKU ISLAM

Oleh Zeynita Gibbons

London, 14/4 (Antara) - Penerbit asal Inggris membeli hak cipta (copy right) buku "Islam, The Message of Love and Happiness" karya intelektual Muslim Indonesia Haidar Bagir di London Book Fair yang berlangsung di gedung Pameran Olympia dari tanggal 12 sampai 14 April.

Kordinator Promosi Literasi Komite Buku Nasional Siti Gretiani kepada Antara London, Kamis, menyebutkan tema-tema Islam ternyata memiliki pasar yang cukup besar di Inggris, terlihat dari banyaknya penerbit buku Islam yang hadir di London Book Fair.

Buku lainnya yang juga dibeli hak ciptanya di hari kedua pameran adalah Anti Stress: Art Therapy: Travel Size: Bali - Coloring Book Bali, karya I.B.G Wiraga. Buku ini dianggap unik dan sangat menarik bagi pasar Inggris. Hal ini menambah panjang daftar buku-buku dari Indonesia yang dibeli hak ciptanya dan diminati penerbit internasional.

Sebelumnya, sebanyak 12 hak cipta berbagai judul buku yang umumnya buku panduan berbahasa terjual di hari pertama London Book Fair.

Kordinator Penjualan Rights International dari Komite Buku Nasional Nung Atasana, mengatakan ke-12 buku yang hak ciptanya dibeli penerbit Malaysia itu adalah buku panduan pemula untuk bahasa Spanyol, Jerman, Mandarin, Prancis, dan Jepang masing-masing lima judul.

Selain itu juga buku percakapan sehari-hari bahasa Jerman, Belanda, Prancis, Korea, Arab, Mandarin dan Indonesia sebanyak tujuh judul. "Buku panduan dan percakapan bahasa asing memang salah satu yang kerap jadi favorit," ujarnya.

Penerbit bersangkutan mengontak langsung Nung untuk menyatakan minatnya membeli hak cipta buku-buku tersebut setelah sebelumnya melakukan survei ke toko buku.

Kabar ini tentu memberikan semangat bagi tim delegasi Indonesia. Di hari pertama, lebih dari 100 praktisi industri yang mayoritas para penerbit mengunjungi stand Indonesia.

Penerbit buku terbesar asal Islandia, Forlagid, juga menyatakan minatnya menerjemahkan buku Eka Kurniawan, Cantik itu Luka. "Mereka menyatakan buku-buku Eka memang sangat cocok dengan penerbit mereka," ujar Kordinator Promosi Literasi Komite Buku Nasional Siti Gretiani.

Foto Eka juga terpampang di arena pameran sebagai salah satu International Authors of London Book Fair. Buku Eka, Man Tiger, masuk di daftar panjang International Man Booker Prize 2016. (ZG) ***4***Sigit Pinardi(T.H-ZG/B/S. Pinardi         /S. Pinardi  ) 14-04-2016 19:35:32

Tidak ada komentar: