Selasa, 05 April 2016

SENEGAL

PRESIDEN SENEGAL BERMINAT BELI PRODUKSI PT. PAL

     Oleh Zeynita Gibbons
    London, 4/4 (Antara) - Presiden Republik Senegal Macky Sall  menyatakan minatnya untuk membeli kapal feri VIP produksi PT. PAL Surabaya, Indonesia serta tertarik dengan produksi persenjataan PT. PINDAD dam dapat dikirimkan brosur produksi persenjataan dan perlengkapan militer produksi PT. SRITEX.

         Hal itu diungkapkan Presiden Macky Sall ketika menerima Dubes RI untuk Republik Senegal, Mansyur Pangeran yang menyerahkan Surat Kepercayaan/ 'Credentials', di Istana Kepresidenan Senegal pada akhir pekan lalu, demikian Kepala Fungsi Pensosbud KBRI Dakar, Dimas Prihadi kepada Antara London, Senin.

         Dalam kesempatan pertemuan bilateral dengan Presiden Senegal, Dubes Mansyur Pangeran antara lain menyampaikan secara langsung salam hangat Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia disertai komitmen Indonesia untuk mengembangkan hubungan dan kerja sama dengan Senegal.

         Dubes mengatakan siap bekerjasama dengan pemerintah dan rakyat Senegal memajukan dan memperkuat hubungan persahabatan dan kerja sama bilateral kedua negara di berbagai bidang yang telah berlangsung selama ini.

         Presiden Macky Sall mengucapkan selamat datang, serta sampaikan komitmennya untuk membantu kelancaran tugas Duta Besar RI di Dakar demi peningkatan hubungan dan kerja sama kedua negara.

         Presiden mengatakan mengikuti perkembangan Pemerintah Indonesia dalam upaya memberantas aksi terorisme yang ada di Indonesia dan mengharapkan Senegal dapat mencontoh dan bekerja sama dengan Indonesia dalam upaya mengatasi bahaya terorisme.

         Dubes Mansyur Pangeran, juga menyampaikan berbagai peluang kerjasama dalam bidang ekonomi seperti kerjasama perdagangan, pertanian, perikanan, industri penerbangan, pelayaran dan transportasi.

         Ia juga mempromosikan berbagai industri strategis Indonesia, seperti industri pesawat terbang produksi PT. Dirgantara Indonesia, persenjataan produksi PT. Pindad, industri perkapalan PT. PAL Surabaya, pakaian seragam militer PT. SRITEX dan industri perkeretaapian PT. INKA.

         Selain itu ia juga menyampaikan kebijakan terkini pemerintahan Presiden Joko Widodo yang memberikan fasilitas Bebas Visa Kunjungan selama 30 hari kepada 169 negara di dunia, termasuk Senegal.

         Presiden Macky Sall menyambut baik atas kebijakan Bebas Visa Kunjungan yang diberlakukan kepada Senegal dan pada kesempatan yang sama menyampaikan kepada Menteri Luar Negeri Senegal Mankeur Ndiaye, agar kepada Indonesia juga dapat diberikan fasilitas Bebas Visa Kunjungan.

         Khusus untuk Dubes RI di Senegal yang merangkap Republik Islam Gambia, Republik Guinea, Republik Guinea-Bissau, Republik Mali, Republik Pantai Gading, Republik Sierra Leone dan Republik Cabo Verde, jadwal penyerahan Credentials terbilang cukup cepat dibanding Dubes asing lainnya yang menunggu cukup lama.

    ***2***(T.H-ZG/B/C. Hamdani/C. Hamdani) 04-04-2016 10:30:14

Tidak ada komentar: