Jumat, 26 Juni 2009

FESTIVAL DUNIA KIELER WOCHE

INDONESIA IKUTI FESTIVAL DUNIA KIELER WOCHE

Hamburg, 23/6 (ANTARA) - Indonesia yang diwakili KJRI Hamburg bersama Trade Promotion Center Hamburg (ITPC Hamburg) ambil bagian dalam pesta rakyat tahunan terbesar di Jerman Utara, Kieler Woche 2009 yang berlangsung selama sepekan hingga tanggal 28 Juni mendatang.

Perdana Menteri Negara Bagian Schleswig-Holstein, Peter Harry Carstensen secara resmi membuka International Markt Kieler Woche diikuti 30 negara yang dihadiri Konsul Jenderal RI di Hamburg, Teuku Darmawan dan nyonya.

Acara pembukaan menyedot perhatian puluhan ribu pengunjung yang memadati setiap sudut area Internationaler Markt, membuktikan gaung kepopuleran festival rakyat tahunan yang telah berumur 127 tahun itu masih tetap bergema.

Indonesia membuka dua stan, pertama menampilkan produk-produk kerajinan dari berbagai daerah dan stan kedua khusus menyajikan makanan khas Indonesia.

Pada hari pembukaan, stan Indonesia ramai disinggahi pengunjung yang tidak hanya tertarik dengan produk kerajinan beraneka ragam warna dan bentuk yang ditampilkan, tetapi juga mencicipi makanan Indonesia yang mengundang selera.

Berbagai produk kerajinan Indonesia seperti dompet, tas, busana musim panas, topi, kain-kain batik, patung kayu dan batu, tempat tissu, dan lainnya yang ditampilkan Dharma Wanita Persatuan KJRI Hamburg dan IKAT Agentur Hamburg di bawah koordinasi ITPC, mendapat banyak perhatian dari pengunjung.
Sedangkan makanan yang disajikan Restoran Citarasa Indonesia di Kiel seperti kari ayam, sate ayam, ayam asam manis, dan mie goreng Jakarta yang harganya relatif murah serta disajikan panas dengan aroma dan rasa yang nikmat, tampak diserbu para pengunjung.

Selain produk dan makanan khas, Indonesia juga mengisi acara pertunjukan di panggung utama Kieler Woch dengan menampilkan kesenian dari Sumatera Utara yang dibawakan grup seni Masyarakat Nauli di Hamburg, serta tarian dari daerah Jawa Tengah yang dibawakan kelompok Margi Budoyo KJRI Hamburg.

Kieler Woche merupakan pesta rakyat tahunan yang terbesar di wilayah Jerman Utara. Menurut Pemerintah Schleswig-Holstein, pengunjung Kieler Woche tahun ini diperkirakan mencapai 3,5 juta orang.

Selama 10 hari, mulai dari tanggal 19 hingga 28 Juni pengunjung dapat menikmati lebih dari 1.700 acara baik di darat, laut maupun udara.

Sementara pada 17 panggung yang tersebar di setiap sudut kota dan pelabuhan Kiel, terdapat lebih dari 300 konser sedangkan pelabuhan Kiel diramaikan 30 kapal perang dari 11 negara, lebih dari 100 kapal layar tiang tinggi, serta lebih dari 4.500 awak kapal dan 200 kapal layar dari 50 negara meramaikan berbagai pertandingan kapal layar kelas internasional dan olimpiade.

Konsul Jenderal RI di Hamburg Teuku Darmawan mengatakan keikutsertaan Indonesia dalam Kieler Woche 2009 ini merupakan salah satu upaya KJRI Hamburg di negara bagian Schleswig-Holstein mempromosikan Indonesia.

Selain penampilkan produk perdagangan, seperti barang kerajinan, komoditi ekspor juga ditampilkan promosi seni budaya dan makanan Indonesia dalam rangka mendorong kunjungan Visit Indonesia Year 2009. (U-ZG)***3***

(T.H-ZG/B/P004/P004) 23-06-2009 08:10:33

Tidak ada komentar: