Jumat, 26 Juni 2009

GAMELAN MERIAHKAN HARI MUSICA DI MADRID

GAMELAN MERIAHKAN HARI MUSICA DI MADRID

London, 26/6 (ANTARA) - Gending Gamelan Jawa memeriahkan "Dia de la Musica" (Hari Musica) di ruang simfonika Auditorium Nasional Madrid.

"Gamelan KBRI memang diundang secara khusus oleh pengurus auditorium untuk memeriahkan 'Dia de la Musica' di gedung bergengsi itu," kata Sekretaris I KBRI Madrid, Allen Simarmata, kepada koresponden ANTARA London, Jumat.

Ia mengatakan 300 pengunjung pagelaran selama satu jam itu larut dalam irama Gamelan Jawa yang dimainkan staf KBRI dan Dharma Wanita, termasuk warga Spanyol dan friends of Indonesia, Jonas Bisquert.

"Mereka mengalunkan lagu gangsaran, selancaran, mayar sewu, kebogiro, laderang ayun-ayun, dan sluku sluku batok," katanya.

Selain Grup Gamelan KBRI, katanya, auditorium juga mengundang Grup Esemble Gending dari Belanda pimpinan Jurren Sligter yang memperkenalkan Gamelan Jawa dengan tema "Gamelan Destellos De Bronce" (Kilauan warna Perunggu Gamelan).

Konser yang dibawakan kelompok Esemble Gending yang berasal dari Utrecht Belanda itu tampail dengan 12 personil yang meliputi 11 pemain berkebangsaan Belanda dan seorang pemain warga Spanyol.

"Lantunan gamelan yang dibawakan grup Esemble Gending itu juga memukau penonton yang memadati auditorium nasional de Madrid," katanya.

Sebelum konser digelar, Jonas Bisquert dengan bahasa Indonesia yang fasih menjelaskan mengenai gamelan dalam masyarakat Indonesia (Jawa), serta arti dan cerita yang terkandung dalam lagu.

Jones Bisquert mengajak imajinasi penonton mengikuti dan memahami lantunan gamelan kontemporer yang disuguhkan tersebut.

Pada penampilan beberapa lagu, disuguhkan pula tayangan di layar panggung sebagai latar belakang suasana pedesaan di Indonesia yang menggambarkan suasana kedamaian dan keindahan.

"Hal itu dimaksudkan mengajak penonton masuk melihat realita masyarakat Indonesia pedesaan yang indah dan damai serta akrab dengan lingkungan," katanya.

Pagelaran Gamelan KBRI dan konser Esemble Gending terlaksana atas kerja sama KBRI dengan Auditorio de la musica de Madrid. ***5*** (U-ZG)
(T.H-ZG/B/E011/E011) 26-06-2009 18:07:14

Tidak ada komentar: