Selasa, 30 Juni 2009

SOSIALISASI DI LONDON DAN IRLANDIA

PPLN GELAR SOSIALISASI DI LONDON DAN IRLANDIA

London, 1/3 (ANTARA)- Panitia pemilihan luar negeri (PPLN) London mengelar sosialisasi Pemilihan umum Presiden/Wapres RI dihadiri pejabat dan staf di lingkungan KBRI London, panitia pengawas pemilu (Panwasu) dan ratusan masyarakat Indonesia calon pemilih di Ruang Serbaguna KBRI London.

Ketua PPLN London Saharman Gea, mengajak seluruh warga yang mempunyai hak pilih dan terdaftar dalam Daftar Pemiliah Tetap (DPT) menggunakan hak politiknya secara cerdas dalam menentukan perjalanan Bangsa lima tahun ke depan.

Dalam keterangannya kepada koresponden ANTARA London, Rabu, Gea,
menyatakan untuk wilayah akreditasi Inggris Raya dan Irlandia terdapat sekitar 4.685 orang calon pemilih, diantaranya 309 orang yang memilih langsung datang di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) pada 8 Juli mendatang. Sisanya berjumlah 4.347 orang menyampaikan hak pilihnya melalui pos.

Ia mengharapkan pemilih langsung membawa surat undangan beserta formulir C4 yang telah disampaikan sebelumnya oleh panitia beserta identitas diri berupa paspor, KTP, SIM atau kartu identitas lain yang berisi nama calon pemilih.

Khususnya bagi pemilih lewat pos, panitia mengingatkan selain mengisi dan menandatangani formulir C4 yang telah diikutsertakan dalam amplop juga diminta agar mencontreng pasangan yang dipilih dengan benar "satu kali" .

Dikatakannya sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum dan mengembalikannya kepada pantia selambat-lambatnya satu hari hari setelah pilpres, yaitu cap pos pada tanggal 9 Juli mendatang.

Ia mengatakan terdapat 129 surat suara dinyatakan tidak sah oleh saksi dan Panwaslu pada pemilu calon legislatif 9 April lalu.

Untuk itu Saharman Gea yang juga mantan Ketua Umum Muhammadiyah di Inggris Raya meyakinkan agar dengan seksama memperhatikan cara mencontreng surat suara.

Beberapa contoh surat suara yang dinyatakan sah dan juga yang tidak sah ditayangkan melalui layar yang disambut penuh perhatian oleh masyarakat.

Pada sesi tanya-jawab, dipandu Sekretaris PPLN/Sek-1 Pensosbud, Novan Ivanhoe Saleh, pertanyaan yang muncul pada umumnya mengenai teknis pencontrengan dan hal-hal terkait dengan pengiriman surat suara maupun tentang Daftar Pemilih Tetap.

Sementara kegiatan Sosialisasi di Irlandia yang dilakuakan Ketua PPLN hadir lebih dari 70 warga Indonesia dari 166 calon pemilih di Irlandia, diadakan sekaligus dengan kegiatan Pelayanan Kekonsuleran KBRI London yang secara rutin dilakukan pertiga bulan oleh Couns F. Protkons dan staff konsulat Mikki Iskandar dan Adi Purwanto.

Acara difasilitasi Syamsul Arifin dan Imas, warga Indonesia di Dublin, Irlandia didukung Pengurus Indonesia-Irish Friendship ini, usai sesi tanya jawab dilanjutkan dengan pengajian perdana diisi ceramah oleh Saharman Gea/Ketua PPLN.***1***
(T.H-ZG/B/T010/T010) 01-07-2009 06:44:49

Tidak ada komentar: