Rabu, 10 Juni 2009

LASKAR PELANGI "SENTUH" HATI DI HAMBURG

LASKAR PELANGI "SENTUH" HATI PENONTON DI HAMBURG

London, 10/6 (ANTARA) - Film Laskar Pelangi yang mengawali Festival Film Indoneisa (FFI) di Hamburg berhasil "menyentuh" hati sekitar 250 penonton yang memenuhi gedung bioskop Abaton Hamburg.

Festival Film Indonesia Focus on Riri Riza yang diawali dengan resepsi dihadiri undangan terdiri atas corps consular, pejabat pemerintah setempat, pengusaha, anggota Perhimpunan Indonesia-Jerman, media masa dan masyarakat setempat, demikian keterangan yang diperoleh Antara London dari KJRI Hamburg, Rabu.
Usai menyaksikan film Laskar Pelangi, Konjen India, Dr. Vinod. Kumar, menyatakan film garapan Riri Riza itu sangat menyentuh hati dan memberikan pelajaran yang baik bagi generasi muda.

Kisah nyata yang difilmkan tersebut memberikan motivasi yang bagus bagi generasi muda agar tidak pernah menyerah dalam menghadapi tantangan hidup, ujarnya.

Sementara itu, anggota Perhimpunan Indonesia-Jerman (DIG), Paul Jurgen yang pernah tinggal di Jakarta sebagai guru di sekolah Jerman di Indonesia, menyatakan banyak rakyat Indonesia yang kurang mampu memiliki semangat tinggi untuk belajar dan sukses menjadi orang penting di Indonesia.

Menurut Paul Jurgen, sutradara Riri Riza, sangat pintar dalam menuturkan kisah nyata kedalam film dengan menampilkan karakter para pemain serta panorama alam yang indah.

Demikian juga komentar Ketua DIG, Karen Stadtlander merasa kagum atas film karya sutradara muda Indonesia tersebut.

Menurut Karen Stadtlander, film tersebut memberi pesan pendidikan dan mengajarkan cita-cita harus diperjuangkan. Selain itu, film tersebut juga sangat bagus dalam menggambarkan keindahan alam pulau Belitung, ujarnya.

Festival film Indonesia berlangsung tiga diawali dengan penampilan kesenian berupa Tari Puspa Wresti dari Bali dibawakan Ika Waskito.

Selain itu, pemutaran film promosi Visit Indonesia Year 2009, produksi Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI yang dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi oleh Konsul Jenderal RI, Teuku Darmawan.

Dalam sambutannya Konjen RI, Teuku Darmawan, mengharapkan film Indonesia dapat lebih dikenal di Eropa. Festival Film Indonesia di Hamburg sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan tentang budaya dan perfilman Indonesia di Jerman Utara, ujarnya.
Untuk lebih mengenal Indonesia, Konjen mengajak penonton berkunjung ke Indonesia agar dapat menikmati berbagai ragam seni budaya dan keindahan alam serta keramahtamahan masyarakat Indonesia dari dekat.

Dapat kehormatan
Sementara itu, Direktur Bioskop Abaton, Mathias Elwart menyambut baik kerjasama dengan KJRI Hamburg dan merasa mendapat kehormatan atas dipilihnya Bioskop Abaton sebagai tempat FFI di Hamburg.

Bioskop Abaton letaknya sangat strategis di samping Universitas Hamburg di pusat kota Hamburg sebagian area bioskop dilengkapi dekorasi khas Indonesia seperti umbul-umbul, payung-payung dan poster.

FFI yang dilaksanakan Konjen RI Hamburg bekerjasama dengan KBRI Praha serta Miles Films dan Sabila Center for Competiveness. Sebelum di Hamburg, masyarakat di berbagai kota lain di Eropa menyaksikan Festival Film Indonesia tersebut seperti di Praha, Wina, Ljubljana dan Beograd.

Selain film Laskar Pelangi juga ditampilkan film karya sutradara Riri Riza lainnya seperti Gie dan Eliana, Eliana.

Sejak beberapa minggu sebelum acara dimulai promosi dilakukan dengan gencar melalui berbagai pemasangan poster di tempat strategis selain di depan bioskop Abaton, di universitas yang ada di Hamburg, Kiel, Bremen juga di gedung sekolah serta di Internet.

Majalah "Szene Hamburg" dalam edisi Juni memuat artikel FFI dengan berjudul ?Junge Traumer? (pemimpi muda).
Sedangkan harian terbesar kedua di Hamburg ?Morgen Post? memberitakan FFI di Hamburg dengan artikel dan gambar tiga perempat halaman.

Demikian pula harian terbesar di Hamburg, "Hamburger Abendblat" mempromosikan acara FFI melalui artikel dan foto cuplikan Laskar Pelangi.

Festifal Film Indonesia terakhir digelar di Hamburg sekitar tujuh tahun lalu, sehingga penyelenggaraan FFI kali ini merupakan penyambung promosi yang lama dinantikan penggemar film Indonesia. ***5***

(T.H-ZG/B/F002/F002) 10-06-2009 10:42:02

Tidak ada komentar: