Senin, 29 Juni 2009

HUNGARIA MENANTI KOMODO

HUNGARIA MENANTI KOMODO DARI INDONESIA

London, 30/6 (ANTARA) - Kebun Binatang Budapest menunggu kiriman Komodo dari Indonesia dan paviliun khusus bagi binatang berbisa itu malah sudah diresmikan oleh Direktur Jenderal Kebun Binatang Budapest, Dr. Miklos Persanyi.

Sekretaris III (Penerangan, Sosial dan Budaya) KBRI Budapest Patricia Silalahi kepada koresponden Antara di London, Selasa, mengatakan paviliun binatang berbisa tersebut dihiasi dengan benda budaya Indonesia baik di luar maupun didalam paviliun.

"Untuk sementara, sambil menunggu sepasang komodo pinjaman dari Indonesia, ruangan ini dihuni seekor anak komodo dari Inggris," kata Patricia.
Ia mengatakan pada peresmian paviliun tersebut hadir Dubes RI untuk Hungaria Mangasi Sihombing bersama 200 undangan khusus dan pengunjung yang datang ke Kebun Binatang Budapest yang terletak di tengah kota.

Dubes Mangasi Sihombing mengatakan Indonesia dan Hongaria secara prinsip telah menyepakati 'loan breeding' komodo antara institusi -institusi terkait.

Kebun binatang, katanya, tidak hanya sekedar hiburan untuk anak-anak dan orangtua tetapi juga sebagai lembaga penelitian ilmiah mengenai perilaku binatang maupun kegunaan binatang sebagai sumber bahan obat-obatan.

Menurut Dubes, manusia bertanggung jawab memelihara lingkungan alam termasuk binatang untuk mencegah kepunahan yang merugikan.

Direktur Jenderal Kebun Binatang Budapest Dr. Miklos Persanyi yang pernah menjabat Menteri Lingkungan Hidup Hongaria menjelaskan program pengembangan kebun binatang termasuk perluasan di luar kota.
Ia juga menjelaskan komodo termasuk kelompok binatang berbisa karena ludahnya mengandung bakteri yang dapat membunuh mangsanya.
Komodo yang bisa mencapai panjang tiga meter tidak sekuat buaya, namun gigitan Komodo dapat mematikan binatang besar seperti sapi atau kerbau dalam beberapa hari, ujarnya.

Paviliun binatang berbisa tersebut dihiasi dengan benda-benda budaya Indonesia sekalipun koleksi binatang yang ditampung berasal dari manca negara.
Laszlo Haraszthy dari Kementerian Lingkungan Hidup Hongaria mengakatakan kerjasama internasional di bidang pertukaran binatang mendorong saling pengertian dan penghargaan antar bangsa. (U-ZG)
***5****

(T.H-ZG/B/A017/A017) 30-06-2009 09:50:56

Tidak ada komentar: