Jumat, 26 Juni 2009

SIGU LEMPONG PUKAU PENGUNJUNG KIELER WOCHE

SIGU LEMPONG PUKAU PENGUNJUNG KIELER WOCHE

Kiel, Hamburg, 25/6 (ANTARA) - Lagu "Sigu Lempong" dari Sumatera Utara yang dibawakan dengan lincahnya oleh kelompok Masyarakat Nauli Indonesia (MNI) Hamburg, memukau pengunjung pesta rakyat Kieler Woche yang berlangsung di Kota Kiel, sekitar dua jam dari Hamburg, Rabu.

Selain membawakan lagu Sigu Lempong yang menarik pengunjung untuk ikut berjoget dan berdendang mengikuti alunan musik dengan diiringin alat gendang dan suling, kelompok MNI Hamburg yang juga melantunkan lagu "Sitogol" dan "Situmorang"
Kelompok MNI yang dipimpin Paris Rumahorbo, seorang mantan pelaut yang menetap di Hamburg, dengan dukungan KJRI Hamburg tampil di pesta rakyat Kieler Woche yang diikuti 31 negara.

Indonesia yang diwakili KJRI Hamburg bersama Trade Promotion Center Hamburg (ITPC Hamburg) ambil bagian dalam pesta rakyat tahunan terbesar di Jerman Utara, Kieler Woche 2009. Festival itu berlangsung hingga tanggal 28 Juni mendatang dan dibuka Perdana Menteri Negara Bagian Schleswig-Holstein, Peter Harry Carstensen.

Pesta rakyat ini telah berlangsung selama 127 tahun. Dalam kegiatan itu tim kesenian Indonesia Margi Budoyo KJRI Hamburg dibawah pimpinan Maharsi, menampilkan tarian seperti tari Jaipong yang dibawakan oleh Mayang, Widya dan Nunik, sementara tari Pemburu Kijang dengan jenaka dibawakan Maharsi dan gadis kecil Lala, sedangkan tari Merak ditarikan Cicilia dan Sari, serta tari Piring dibawakan oleh Gusdi.

Dalam pesta rakyat di daerah pinggir Danau Der Kleine Kiel, dekat pelabuhan Schweden Kai, Indonesia menampilkan produk kerajinan dari berbagai daerah, serta membuka stan yang menjual makanan khas Indonesia.

Berbagai produk kerajinan Indonesia seperti dompet, tas, busana musim panas, topi, kain-kain batik, patung kayu dan batu, tempat tissu dan lainnya, ditampilkan Dharma Wanita Persatuan KJRI Hamburg dan IKAT Agentur Hamburg, milik pengusaha muda Dyah Narang Huth yang berada di bawah koordinasi ITPC, mendapat perhatian pengunjung.
Konjen Hamburg Teuku Darmawan mengatakan keikutsertaan Indonesia dalam pesta rakyat Kieler Woche dalam rangka mempromosikan budaya dan masakan khas Indonesia untuk mendukung program Visit Indonesia Years 2009.
Selain itu keikutsertaan Indonesia dalam Kieler Woche 2009 juga merupakan salah satu upaya KJRI Hamburg di negara bagian Schleswig-Holstein mempromosikan perdagangan melalui pameran berbagai produk Indonesia, ujarnya.

Kieler Woche yang merupakan pesta rakyat tahunan terbesar di wilayah Jerman Utara. Menurut Pemerintah Schleswig-Holstein, pengunjung Kieler Woche diperkirakan mencapai 3,5 juta orang.

Kegiatan itu menampilkan lebih dari 1700 acara dari berbagai negara dan juga berbagai macam jenis makanan dari masing masing negara yang ambil bagian. Pada stan Ruanda, misalnya, tampak menyanjikan sate daging buaya, Australia dengan daging rusanya dan Finlandia dengan salmon asap yang dihindangkan dengan salad dan roti. (U-ZG) ***3***

(T.H-ZG/B/P004/P004) 25-06-2009 08:23:53

Tidak ada komentar: