Senin, 05 September 2011

DIPLOMASI GASTRONOMI

INDONESIA LANCARKAN DIPLOMASI GASTRONOMI DI BERLIN

London, 6/9 (ANTARA) - Indonesia melancarkan diplomasi Gastronomi di Berlin dengan diresmikannya Restoran Nusantara yang mengandalkan aneka macam sate dan berbagai hidangan khas seperti nasi rames, gado-gado hingga es cendol.

Pembukaan Restoran Nusantara itu menyemarakkan berbagai macam jenis restoran internasional dari berbagai belahan dunia di Berlin dilakukan Dubes RI untuk Jerman Eddy Pratomo.

Restoran Nusantara berupaya memperkenalkan Indonesia secara lebih utuh dengan berbagai pernak-pernih khas Indonesia dan dengan senyum dan keramahtamahan khas Indonesia, demikian keterangan pers KBRI Berlin yang diterima Antara London, Selasa.

Pengelola restoran, Vina Bram mengemukakan nama Nusantara sengaja diambil dari berbagai alternatif pilihan nama lain untuk menunjukkan berbagai keragaman kuliner Indonesia yang tersebar di ribuan pulau di tanah air.

"Kami berusaha memperkenalkan berbagai hidangan asli Indonesia yang diolah segar dan tanpa glutamat sehingga akan lebih sehat, lezat dan bergizi dengan diimbangi pelayanan yang cepat dan ramah," ujar Vina Bram.

Sementara itu Dubes RI-Berlin Eddy Pratomo menyatakan restoran yang terletak di Jalan Turmstrasse No 18 Berlin tersebut mencerminkan keragaman kekayaan dan budaya Indonesia.

"Ini merupakan forum baru bagi promosi budaya Indonesia di Berlin. Hal ini hendaknya menjadi kebanggaaan kita semua karena sudah waktunya Indonesia tampil dengan keragaman kulinernya," demikian Dubes Pratomo .

Selain sangat mendukung upaya-upaya swasta dalam memperkenalkan budaya Indonesia di Jerman, KBRI Berlin juga senantiasa mempromosikan segala aspek positif modalitas bangsa yang salah satunya adalah dalam sisi gastronomi.

Dalam setiap kesempatan kuliner Indonesia diperkenalkan di publik Jerman bahkan masuk dalam calender of event Food Meets Dance pada September di Balai Kota Berlin yang diadakan dalam kerangka Asia Pacific Week yang merupakan kalender per dua tahunan.

Pratomo berharap Restoran Nusantara tetap bertahan dan terus dikembangkan dengan konsistensi terhadap kualitas dan dengan disiplin yang luar biasa untuk juga turut membawa nama Indonesia.

Tak kurang dari 150 orang menghadiri acara peresmian restoran yang lumayan besar ini dan semua dengan tertib antri untuk memesan makanan guna merasakan nikmatnya sajian kuliner nusantara. ***5***
(ZG)/C/A011
(T.H-ZG/C/A011/A011) 06-09-2011 09:34:06

Tidak ada komentar: