Kamis, 01 September 2011

IDUL FITRI DI MADRID

PERAYAAN IDUL FITRI DI MADRID

London, 1/9 (ANTARA) - Shalat Idul Fitri 1432 Hijriah di Madrid diikuti sekitar 100 warga Indonesia dan dilanjutkan dengan silaturahim yang diselenggarakan di KBRI Madrid.

KBRI Madrid menyelenggarakan Sholat Ied, Selasa , berbeda dengan waktu Indonesia, karena disesuaikan dengan ketetapan yang dikeluarkan Centro Cultural Islamico Madrid setelah Shalat Maghrib sehari sebelumnya bahwa Idul Fitri 1432 H di Spanyol jatuh 30 Agustus 2011.

Sekretaris Tiga KBRI Madrid Krisnawati Desi Purnawestri kepada ANTARA London, Kamis menyebutkan, bertindak selaku Imam dan Khatib Din Wahid, dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yg tengah mengambil program doktor di Universitas Leiden Belanda.

Khatib mengajak jamaah untuk selalu menambah rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan banyaknya kenikmatan kepada umat manusia.

Rangkaian perayaan Idul Fitri di Madrid diakhiri dengan saling berjabatan tangan untuk saling memaafkan yang diawali Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol, Ibu Adiyatwidi Adiwoso Asmady beserta Bapak Asmady. Pada siang harinya Dubes menggelar "open house" yang dihadiri masyarakat Indonesia baik muslim maupun non muslim.

Layaknya lebaran di Tanah Air, masyarakat Indonesia yang hadir dapat tetap merasakan nuansa khas dengan kue-kue khas Indonesia, sajian ketupat, opor, hingga roti jala.

Meskipun jumlah masyarakat Indonesia di Madrid terbilang tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan di negara-negara Eropa bagian barat lainnya, namun hal ini justru semakin memperkuat rasa kekeluargaan. ***6*** (ZG)
(T.H-ZG/C/S023/S023) 01-09-2011 19:25:46


Tidak ada komentar: