Selasa, 27 September 2011

KARYA TULIS INOVATIF

PPI PRANCIS GELAR OLIMPIADE KARYA TULIS INOVATIF

London, 28/9 (ANTARA) - Perhimpunan Pelajar Indonesia Prancis menggelar Olimpiade Karya Tulis Inovatif II di KBRI Paris, 8-9 Oktober 2011, untuk memberikan peran positif para mahasiswa di luar negeri bagi pembangunan di Indonesia.

Ketua Panitia OKTI II 2011 Aprillia Firmonasari, Rabu, mengatakan olimpiade itu mengusung tema "Sinergi karya multidisipliner mahasiswa Indonesia di luar negeri dalam rangka mendukung pembangunan Indonesia".

Ia mengatakan, dewan juri memilih 20 paper dari 61 karya tulis ilmiah mahasiswa Indonesia dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Portugal, Jerman, Taiwan, Belanda, Rusia, Prancis, Arab Saudi, Swiss, Malaysia, Thailand dan Australia sebagai Finalis OKTI II 2011.

Dikatakannya para finalis akan mempresentasikan papernya di depan tujuh juri dengan berbagai topik terkait ilmu kedokteran, sosial, humaniora, iptek, kesehatan masyarakat hingga ketahanan pangan. "Semoga ide dan gagasan para finalis memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ilmu pengetahuan," ujar Aprillia.

Acara yang diadakan PPI Prancis bekerja sama dengan KBRI Paris dan didukung TOTAL Indonesia, Radio PPI Dunia, serta Ikatan Ilmuwan Internasional Indonesia (I4) itu diharapkan dapat memberikan motivasi bagi pelajar di luar negeri untuk menghasilkan karya yang menjadi inspirasi serta terjalinnya interaksi keilmuan antarpelajar di berbagai negara.

Koordinator Materi dan Juri OKTI II Riza Arief Putranto mengatakan masalah yang dihadapi Indonesia saat ini tidak dapat diselesaikan melalui pertimbangan jenjang keilmuan secara terpisah-pisah akan tetapi membutuhkan keserempakan tindak dan keterpaduan menyeluruh lintas-disiplin dan lintas bidang ilmu.

Menurut dia, dalam aplikasinya, masyarakat yang berpengetahuan memberikan peran positif bagi solusi persoalan bangsa sehingga tema multidisipliner ini menjadi relevan.

Sementara itu Ketua PPI Prancis Ade Kadarisman mengatakan peningkatan ilmu pengetahuan menjadi sumber lahirnya iklim inovasi yang menjadi landasan bagi tumbuhnya kreativitas sumber daya manusia Indonesia.

Dikatakannya penyelenggaraan OKTI II 2011 menjadi jawaban sekaligus peran nyata mahasiswa Indonesia di luar negeri terhadap masalah pembangunan di Tanah Air dan diharapkan karya inovasi dari para pelajar ini dapat diimplementasikan dalam berbagai sektor terkait pembangunan di Indonesia.***6***(ZG)

(T.H-ZG/B/N002/N002) 28-09-2011 07:40:38

Tidak ada komentar: