Senin, 19 September 2011

LINTAS NUSANTARA

LINTAS NUSANTARA PUKAU MASYARAKAT NOVA GORISA SLOVENIA

London, 19/9 (ANTARA) - Lebih dari 350 pengunjung yang berasal dari kota Nova Gorica, Slovenia dan Gorizia, Italia terpukau dengan persembahan ragam kesenian Nusantara yang dibawakan kelompok seni Nusantara asuhan KBRI Wina.

Dalam acara Malam Indonesia : Perjalanan Lintas Nusantara (INDONEZIJSKI VEČER : ?Arhipelasko popotovanje?) yang digelar di Gedung Kebudayaan Nova Gorica, Slovenia itu, seperti kata Minister Counsellor KBRI Wina, Sulistijo Djati Ismojo dalam keterangannya kepada Antara London, Senin, penonton memberi apresiasi sangat tinggi.

Dia menyebutkan sebagai pembuka acara, kelompok gamelan Bal Alternberg yang pemainnya warga Austria menampilkan musik Tabuh Telu yang dilanjutkan dengan tari Pendet sebagai tarian penyambut tamu.

Selama lebih dari dua jam penonton tidak beranjak dari tempat duduknya terpesona dengan berbagai tampilan ragam jenis musik, lagu dan tari tradisional Nusantara persembahan Group Gamelan Jawa Ngesti Budoyo, Group Kolintang, Group Tari Gema Puspa Nusantara (GPN), Group Gamelan Bali, serta tampilan seni bela diri tradisional kelompok Pencak Silat Anak Harimau yang sebagian besar pemainnya warga Wina .

Dalam sambutannya, walikota Nova Gorica , Matej Arčon menyatakan terima kasih dan penghargaan kepada Dubes Gusti Agung Wesaka Puja yang memberi kesempatan kepada masyarakat Nova Gorica untuk mengenal Indonesia lebih dekat melalui persembahan seni budaya sebagai sarana dalam mempererat hubungan kedua bangsa.

Diharapkan kerja sama demikian akan berlangsung terus di masa yang akan datang dan ditingkatkan dalam berbagai aspek lainnya.

Persembahan Budaya Indonesia yang merupakan pertama kalinya dilakukan di Nova Gorica menjadikan rasa ingin tahu masyarakat Nova Gorica sangat besar.

Saat acara berlangsung, masih banyak masyarakat berkerumun di depan gedung mengharapkan untuk dapat masuk ke dalam ruangan yang telah penuh terisi pengunjung.

Pentas budaya Indonesia dapat terselenggara di kota yang berbatasan dengan wilayah Italia ini atas kerjasama antara Pemerintah Daerah Nova Gorica dengan KBRI Wina, sebagai hasil dari kunjungan Dubes I Gusti Agung Wesaka Puja ke Nova Gorica pada Februari lalu.***6*** (ZG).


(T.H-ZG/B/M020/M020) 19-09-2011 06:29:57

Tidak ada komentar: