Senin, 05 September 2011

DUBES TOSARI:

DUBES TOSARI: IDUL FITRI MOMEN BERKUMPUL KELUARGA

London, 5/9 (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Maroko, Tosari Widjaja, menyatakan Idul Fitri memiliki arti kembali pada "fitrah" (kesucian), karena itu umat Islam di Indonesia menjadikan Idul Fitri sebagai hari raya utama untuk momentum berkumpul kembali bersama keluarga.

"Beliau mengemukakan hal itu dalam 'open house' dengan kalangan diplomatik dan mitra kerja KBRI Rabat yang diadakan di Wisma Duta Indonesia di Rabat," kata Sekretaris III/Pelaksana Fungsi Pensosbud, Suparman Hasibuan kepada Antara London, Senin.

Pada kesempatan tersebut, Dubes RI menggambarkan lebih jauh tradisi Idul Fitri di Indonesia yang dirayakan dengan suasana penuh kekeluargaan, saling bersalam-salaman, dan saling memaafkan.

"Idul Fitri juga disebut lebaran, karena itu masyarakat Indonesia berkunjung ke rumah-rumah tetangga ataupun saudaranya untuk bersilaturahmi untuk 'halal bi-halal' dan memohon maaf atas berbagai kesalahan," katanya mengutip Dubes RI untuk Maroko itu.

Dubes RI mengakhiri sambutannya dengan menyampaikan Selamat Idul Fitri Minal Aidzin wal Faidzin, serta mempersilakan kepada para undangan untuk menikmati hidangan tradisi khas Lebaran ala Indonesia.

Acara yang dihadiri sekitar 70 orang tamu dari kalangan diplomatik, pejabat pemerintah Maroko serta mitra kerja KBRI Rabat seperti Duta Besar dari negara sahabat serta pejabat diplomatik lainnya, akademisi, pengusaha, tokoh masyarakat, ulama, dan wartawan.

"Open house" berlangsung dalam suasana akrab dengan hidangan sederhana berupa berbagai macam makanan tradisional khas Lebaran Indonesia sebagai suguhan bagi para tamu.

Berbagai hidangan disajikan antara lain yang paling populer adalah ketupat, lontong sayur, sate, bakso dan lemang.

Selain itu, para tamu juga berkesempatan melihat berbagai lukisan yang merupakan hasil karya Ibu Mahsusoh Ujiati Tosari Widjaja yang dipamerkan pada "open house" tersebut. (ZG)
(T.H-ZG/C/E011/E011) 05-09-2011 09:27:08

Tidak ada komentar: