Minggu, 20 Agustus 2017

AUSTRIA

DUBES: TOLERANSI DAN KEBERAGAMAN KUNCI KEBERHASILAN BANGSA 
         London, 18/8 (Antara)- Dubes RI untuk Austria dan Republik Slovenia, Darmansjah Djumala mengatakan nilai-nilai toleransi, keberagaman, dan saling menghormati perlu terus ditumbuhkan dalam upaya menjamin kelangsungan dan kedamaian hidup seperti terefleksikan dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika.
        Hal ini disampaikan Dubes Darmansjah Djumala dalam amanatnya pada upacara peringatan HUT Ke-72 RI yang diadakan KBRI Wina, Kamis (17/8) pukul 10.00 waktu setempat, demikian Sekretaris Kedua Fungsi Pensosbud KBRI Wina, Wina Retnosari dalam keterangannya kepada Antara London, Kamis.
        Upacara bendera tersebut diikuti sekitar 100 peserta upacara terdiri dari pejabat dan staf KBRI Wina, Dharma Wanita Persatuan, Pelajar dan Mahasiswa Indonesia di Austria (PPI Austria), serta wakil masyarakat Indonesia  di Austria.
        Dalam kesempatan itu, Dubes menyampaikan beberapa poin utama yang menjadi perhatian KBRI/PTRI Wina guna meningkatkan ekspor Indonesia ke Austria melalui berbagai program promosi ekonomi, serta melanjutkan forum Dialog Lintas Agama antara RI-Austria.
        Dubes mengatakan kesabaran, toleransi, dan saling menghargai satu  sama lain, adalah potensi yang tidak hanya menjadi penopang dalam kehidupan bangsa yang multikultural, tetapi juga menjadi wujud nyata dari diri kita sebagai bangsa yang memiliki keadaban.
        Keterlibatan, partisipasi, dan dukungan masyarakat Indonesia dalam berbagai program dan kegiatan KBRI Wina menjadi salah satu modalitas kuat dalam mempromosikan Indonesia di Austria dan Slovenia, ujarnya.
        Peringatan HUT Ke-72 RI berlangsung meriah dan ditutup dengan acara pemotongan kue yang dalam kesempatan itu potongan kue pertama diserahkan kepada Ibu Lena Waldmayer dan Bapak Hok Tjhoen Tan. Keduanya berasal dari Indonesia dan bermukim di Wina, Austria, sejak pertengahan tahun 60-an.
        Sebagai bagian dari tradisi KBRI/PTRI Wina, potongan tumpeng pertama diserahkan langsung oleh Dubes Djumala kepada WNI senior dan anggota Diaspora Indonesia di Austria guna mengapresiasi kontribusi yang diberikan terkait penguatan hubungan bilateral RI-Austria.     
   Upacara kenaikan bendera merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan HUT Ke-72 RI yang diadakan  KBRI/PTRI Wina. Sebelumnya diadakan berbagai lomba olahraga yang diikuti masyarakat Indonesia di Austria.

        Di samping upacara dan lomba olah raga, KBRI/PTRI Wina juga akan menggelar acara Pesta Rakyat pada 19 Agustus 2017. Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI akan ditutup dengan acara Resepsi Diplomatik yang akan digelar di kota Wina, Austria, pada 7 September 2017 dan di kota Ljubljana, Slovenia, pada 2 November 2017 mendatang. (ZG)***4***

(T.H-ZG/B/M.A. Iskandar/M.A. Iskandar) 18-08-2017 13:41:30

Tidak ada komentar: