Rabu, 30 Agustus 2017

BELGIA

MASYARAKAT HINDU DI EROPA RAYAKAN SARASWATI DI PURA BELGIA  
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 21/8 (Antara) - Sebanyak 300 lebih warga masyarakat Hindu Indonesia datang dari Belgia, Belanda, Jerman, Prancis, Irlandia dan Italia untuk merayakan Hari Raya Saraswati  di Pura Hindu yang terletak di Taman Rekreasi Pairi Daiza, Brugelette, Belgia, pada akhir pekan lalu.
         Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Brussel Ignatius Priambodo kepada Antara London, Senin mengatakan, kegiatan sembahyang di pagi hari diikuti perayaan masyarakat Hindu dimeriahkan pagelaran musik dan tari Bali.
         Perayaan ini selain diikuti warga Hindu Indonesia juga pengunjung Taman Pairi Daiza asal Belgia yang tertarik dengan kebudayaan Bali.
         Duta Besar Indonesia untuk Belgia mengatakan, masyarakat Hindu Indonesia di Belgia dan Eropa harus dapat terus mengembangkan kreativitas dan berkontribusi terhadap pemajuan ilmu pengetahuan sesuai makna perayaan Hari Saraswati. 
    Dubes Yuri  mengajak pengunjung asal Belgia untuk berlibur ke Indonesia dan untuk menghadiri berbagai kegiatan dalam kerangka Festival Europalia 2017 di Belgia.
         Festival Europalia merupakan pagelaran seni budaya terbesar di Eropa yang diadakan di Belgia dan negara-negara sekitarnya. Tahun ini Indonesia menjadi negara tamu dan akan dilaksanakan lebih dari 200 kegiatan seni budaya seperti eksibisi, musik, tarian, literatur, sinema dan lainnya yang menghadirkan lebih dari 600 seniman.

         Sementara itu Ketua Banjar Shantidarma di Belgia yang menjadi panitia penyelenggara acara I Made Wardana kepada Antara London, Senin, mengatakan, masyarakat Hindu Indonesia memadati Pura untuk melakukan sembahyang dan perayaan bersama berlangsung secara hikmad.   ***4***

(T.H-ZG/B/S. Muryono/S. Muryono) 21-08-2017 19:40:48

Tidak ada komentar: